Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Merkel Dikalahkan oleh Kelompok Anti-Pengungsi

Kompas.com - 05/09/2016, 17:41 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Demokrat Kristen (CDU), pimpinan Kanselir Jerman Angela Merkel, mengatakan, kebijakan terkait pengungsi menjadi penyebab utama penolakan pemilih di negara bagian Mecklenburg-Vorpommern.

CDU hanya mencapai urutan ketiga dalam pemilihan di negara bagian tersebut, seperti dilaporkan oleh BBC, Senin (5/9/2016).

Kanselir Angela Merkel harus menelan pil pahit setelah partainya, CDU, dikalahkan partai anti pengungsi, Alternatif untuk Jerman (AfD), di pemilu negara bagian Mecklenburg Vorpommern.

Pemilu tersebut digelar setahun setelah Merkel membuka perbatasan Jerman untuk menampung pelarian dari Suriah, seperti dilaporkan Deutche Welle.

Para pengurus CDU mengatakan, masalah utama saat kampanye adalah banyaknya jumlah migran di Jerman dalam setahun ini.

Pihak yang paling diuntungkan pemilu adalah partai sayap kanan AfD dan pemimpinnya mengatakan hasil pemilu adalah suatu tamparan bagi Merkel.

Jika dukungan terhadap CDU terus menurun pada pemilahan yang akan datang di Berlin, ibu kota Jerman, para pengamat mengatakan, masa depan politiknya akan semakin diragukan.

Partai AfD mendapatkan kurang 21 persen di belakang partai kiri tengah Partai Demokrat Sosial (SPD) yang memperoleh 30 persen.

CDU hanya didukung 19 persen pemilih daerah dan ini adalah hasil terburuk yang pernah terjadi di negara bagian itu.

Pemilihan ini dipandang sebagai ujian utama sebelum pemilu parlemen Jerman pada tahun 2017.

Sebelum pemilu di Mecklenburg-Vorpommern, yang sebelumnya adalah bagian Jerman Timur, semua partai lain di Jerman menolak membentuk koalisi dengan AfD.

Tetapi partai yang dibentuk hanya tiga tahun lalu itu saat ini sudah mempunyai wakil di sembilan dari 16 parlemen negara bagian Jerman.

Buat Merkel, negara bagian di sudut utara Jerman itu menyandang status istimewa.

Sebab, di sanalah Merkel memulai awal karir politiknya. Sejak pemilu 1990, Merkel selalu memenangkan mandat legislatif di daerah Stralsund, sebuah kawasan wisata di pulau Ruegen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com