Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Afrika Selatan, 51 Orang Tewas Dibunuh Setiap Hari

Kompas.com - 04/09/2016, 18:01 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Angka pembunuhan di Afrika Selatan meningkat dan saat ini tercatat 51 orang tewas dibunuh setiap hari.

Secara total, hingga Maret lalu tejadi 18.673 kasus pembunuhan di Afrika Selatan. Dalam periode yang sama tahun lalu jumlah kasus pembunuhan tercatat 17.805 kasus.

Kementerian Kepolisian Afrika Selatan mengatakan, negeri itu masih berjuang untuk mengurangi budaya kekerasannya.

Menteri Kepolisian Nathi Nhleko mengatakan, naiknya jumlah pembunuhan di Afsel ini utamanya disebabkan kekerasan rumah tangga dan penyalahgunaan alkohol.

"Ini bukan lagi soal apa yang bisa dilakukan pemerintah, ini tentang bagaimana kita melakukan sesuatu. Ini adalah masalah sosial terbesar yang harus kita hadapi," kata Nhleko.

Data resmi menyebut, pembunuhan di Afrika Selatan biasanya dilakukan di dalam ruangan, di kawasan perkotaan dan melibatkan orang yang sudah saling mengenal.

Selain angka pembunuhan yang tinggi, kasus perkosaan juga sangat signifikan di Afrika Selatan. Tahun lalu, tercatat sebanyak 142,2 kasus pelecehan seksual setiap hari.

Jumlah kasus perkosaan ini sedikit menurun dibanding tahun sebelumnya. Namun polisi menyebut menurunkan angka kasus pemerkosaan ini lebih karena minimnya pelaporan bukan karena situasi sudah berubah.

Angka pembunuhan di Afrika Selatan naik sebanyak 20 persen selama empat tahun terakhir, meski pemerintah bersikukuh angka ini masih jauh lebih rendah dengan di masa pemerintahan apartheid yang berakhir pada 1994.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com