Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Ini Menuntun Pendaki Alpen yang Tersesat hingga Menemukan Jalan

Kompas.com - 02/09/2016, 07:49 WIB

BERN, KOMPAS.com — Seorang pendaki yang tersesat di Pegunungan Alpen, Swiss, secara kebetulan akhirnya menemukan jalan keluar berkat bantuan seekor kucing.

"Kucing itu terus menatapku agar mengikutinya dan menuntunku langsung ke jalan yang menuju kembali ke lembah," kata pendaki itu, seperti dilaporkan The Independent, Kamis (1/9/2016).

Pendaki yang tidak disebutkan namanya tersebut mengklaim bahwa ia dipandu kembali ke jalan yang benar setelah tersesat di Pegunungan Alpen dalam kondisi pergelangan kaki terkilir.

Warga Hongaria itu mengatakan, ia mengalami disorientasi arah. Ia menemukan, rute yang dilaluinya telah diblokir saat mendaki Pegunungan Alpen di dekat Gimmelwald, Swiss.

Beruntungnya, pria itu bertemu dengan seekor kucing lokal yang ramah tersebut, yang membimbingnya kembali ke tempat yang aman.

Pejalan kaki itu mengunggah video hasil rekamannya ke situs daring Reddit dengan nama pengguna “sc4s2cg”.

Gimmelwald adalah sebuah desa kecil di Bernese Oberland di kaki gunung Junfrau-Aletsch (di wilayah Pegunungan Alpen), yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pejalan kaki atau pendaki gunung itu mengatakan bahwa pergelangan kakinya terkilir dan tidak yakin bagaimana bisa mendapatkan jalan keluar.

"Kucing itu sedang berkeliaran, dan saya temukan saat saya sedang beristirahat setelah mendaki," katanya.

"Kemudian kucing itu berjalan dan terus menatap saya, seakan memberi isyarat untuk mengikuti, kemudian ia menuntun saya langsung ke jalan yang akan membawa saya kembali ke lembah," katanya.

Menurut pendaki itu, "Gimmelwald adalah desa kecil yang cantik, dan saya benar-benar tersesat di sekitar gunung itu."

"Saat itu merupakan akhir musim ski, ketika saya tiba di desa Lauterbrunnen. Oleh karenanya, beberapa jalan ditutup."

Video unggahannya di Reddit telah menarik minat banyak pendaki lokal. Sejumlah pengguna kemudian juga mengaku pernah melihat kucing itu.

Sebuah video dari 2013, yang dimaksudkan untuk menunjukkan perjumpaan yang hampir sama dengan kucing warna hitam dan putih itu, diunggah di YouTube.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com