Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilda Hilman, Pemilik "Bumbu Truck" Asal Indonesia di Seattle

Kompas.com - 30/08/2016, 15:22 WIB

SEATTLE, KOMPAS.com - Jam makan siang adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh pekerja kantoran untuk beristirahat sejenak dan menikmati santap siang bersama para kolega.

Hal ini tak terkecuali juga berlaku untuk karyawan yang bekerja di kompleks perkantoran milik perusahaan teknologi terkemuka asal Amerika Serikat, Microsoft.

Di antara berbagai jenis kedai makanan yang siap melayani para karyawan Microsoft inilah terlihat "Bumbu truck", food truck atau kedai makanan yang beroperasi di atas kendaraan.

Kedai yang menyediakan makanan khas Indonesia ini dimiliki oleh Hilda Hilman, seorang diaspora Indonesia yang juga merupakan pemenang acara kompetisi memasak di salah satu stasiun televisi AS.

"Saya datang untuk menang," ujar Hilda dalam pernyataannya ketika bertanding dalam kompetisi memasak berjudul Chopped, yang tayang di saluran televisi Food Network.

Selain mengalahkan tiga orang peserta lain yang juga sesama pemilik food truck, Hilda juga berhasil meraih hadiah sebesar 10 ribu dollar AS.

"Kebetulan waktu itu gak tau gimana ya kita malah lebih konsentrasi ke perkantoran karena lebih singkat waktunya dan lebih stabil flow-nya juga, jadi kita tahu bahwa dari jam setengah 12 sampai jam 1.30 itu pasti, pengunjungnya ada dan customer-nya ada," ujar Hilda kepada VOA Indonesia.

Walaupun tidak memiliki pengalaman di bidang kuliner selain mengelola food truck yang dimulai pada 2013, kualitas masakan Hilda diakui tidak hanya oleh para juri dari Chopped tapi juga oleh para pelanggannya.

"Ada beberapa restoran Indonesia di Seattle, tapi ini yang rasanya paling asli dibandingkan dengan restoran lain, enggak hanya rasanya yang enak, tapi harganya juga terjangkau dan dekat dengan tempat kerja, jadi pas," ujar Ade William, seorang diaspora Indonesia yang bekerja untuk Microsoft.

Ade juga mengaku menonton acara Chopped di mana Hilda bertanding dan mendukungnya.

"Iya saya menonton acara itu dan mendukung Hilda karena dia kan mewakili Indonesia," tambah dia.

Bukan hanya Ade, seorang warga AS, John, yang sebelumnya tak pernah mencoba makanan Indonesia juga mengaku jatuh cinta dengan masakan "Bumbu Truck".

"Mereka berjualan di sini tiap hari Jumat dan saya selalu membeli. Saya selalu memesan undecided combo dengan telur," kata John.

"Jadi ini adalah campuran dari semua menu, karena daripada bingung membaca buku menu berlama-lama maka saya akan memesan undecided combo saja, jadi saya selalu memesan itu," sambung dia.

"Saya berharap nantinya akan ada lebih banyak lagi restoran Indonesia di Seattle," ujar John.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com