Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Virus Zika: Australia, Taiwan, dan Korsel Terbitkan "Travel Warning" ke Singapura

Kompas.com - 30/08/2016, 14:15 WIB

SINGAPURAE, KOMPAS.com – Pemerintah Australia, Taiwan, dan Korea Selatan telah memperingatkan wanita hamil atau mereka yang berencana untuk hamil agar tak melakukan perjalanan ke Singapura.

Kantor berita Reuters, Selasa (30/8/2016), peringatan atau imbauan untuk tidak bepergian ke Singapura (travel warning) dikeluarkan menyusul wabah virus Zika yang telah menjangkiti 56 orang di negara kota itu.

Otoritas Singapura pada Minggu  (28/8/2016)  telah mengonfirmasi bahwa 41 orang telah terinfeksi virus Zika. Penderita umumnya warga asing bekerja di sektor konstruksi.

Ketika itu Kementerian Kesehatan dan Badan Lingkungan Nasional Singapura dalam pernyataan bersama mereka, menyebutkan,  34 orang telah pulih total dan tujuh orang masih dirawat.

Laporan terbaru pada Selasa ini menyebutkan, jumlah yang terjangkit virus Zika telah bertambah menjadi 56 orang. Jumlah yang telah pulih dari infeksi virus adalah 34 orang.

Hal itu berarti, sisanya masih dalam perawatan di rumah sakit di Singapura.

Terkait dengan perkembangan tersebut, otoritas Taiwan, Australia,  dan Korsel telah menyarankan para wanita hamil atau pasangan yang hendak merencanakan kehamilan untuk tidak pergi ke Singapura sementara waktu.

Sedangkan para wanita atau ibu yang baru pulang dari Singapura untuk menunda kehamilan selama hingga dua bulan. Warga Korsel yang sedang melancong akan mendapat pesan teks ketika tiba di Singapura.

Malaysia dan Indonesia, tetangga terdekat Singapura, juga telah meningkatkan upaya untuk memproteksi masuknya wabah virus Zika di setiap perlintasan antarnegara.

Hingga saat ini, Badan Pariwisata Singapura terus memantau perkembangan virus Zika dan memastikan bahwa wilayahnya aman bagi tujuan wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com