Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Bersatu dengan Warga Lokal, Pengungsi di Jerman Diusulkan Pulang

Kompas.com - 30/08/2016, 13:09 WIB

BERLIN, KOMPAS.com – Seorang menteri negara bagian di Jerman menyerukan bahwa pengungsi akan dikembalikan ke negara asalnya karena mereka tidak bisa berintegarasi dengan warga lokal.

Integrasi merupakan hal pokok bagi migran yang hendak tinggal di Jerman, demikian Menteri Kuangan Negara Bagian Bavaria, Markus Soder, seperti dilangsir Daily Express, Senin (29/8/2016).

Sode merupakan seorang politisi ternama Jerman. Menurut dia, tampak sulit bagi migran untuk berintegrasi karena perbedaan latar belakang budaya.

Menurut Soder, warga Jerman tidak ingin masyarakat multikultural dan menganjurkan agar migran dari berbagai latarbelakang budaya itu harus dikirim pulang dalam 3 tahun ke depan.

Lebih dari satu juta pengungsi telah tiba di Jerman pada tahun 2015. Diharapkan, 300.000 migran lagi akan tiba tahun ini di negara itu.

Para pengeritik mempersoalkan kebijakan Kanselir Angela Merkel yang telah membuka lebar pintu Jerman bagi pendatang asing yang ingin menetap dan menjadi warga negara.

Banyak migran di antarnya yang telah tiba di Jerman itu bermukim di bagian selatan Bavaria dan dalam kasus inilah, menurut Soder, para pendatang tak bisa berintegrasi dengan penduduk lokal.

Soder mengatakan, integrasi mereka dari latar belakang budaya yang berbeda dipastikan akan gagal atau tidak mungkin suskes.

Menurut Soder,"Bahkan dengan niat terbaik sekalipun, mustahil mengintegrasikan begitu banyak orang dengan latar belakang budaya yang sama sekali berbeda”.

"Siapa pun yang ingin tinggal di sini harus menyesuaikan diri dengan nilai-nilai kami dan bukan sebaliknya," katanya.

Menurut pria berusia 49 tahun itu, banyak bagian dari negara yang dilanda perang seperti Irak dan Afghanistan diakui masih memiliki wilayah yang aman untuk ditinggal.

"Perang saudara di Suriah juga akan berakhir dalam waktu dekat. Menurut UU,  orang harus kembali tanah airnya. Alasan untuk melarikan diri sudah tidak berlaku lagi."

Bukan untuk pertama kalinya Soder mengecam kebijakan kanselir Jerman. Banyak politisi Jerman juga mengecam kebijakan Merkel.

Pada Juli lalu, Perdana Menteri Jerman Horst Seehofer menuduh Merkel "munafik  dan gagal untuk menghadapi tanggung jawab yang diberikan pemerintah kepadanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com