Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Tersibuk di Laut Mediterania, 6.500 Migran Berhasil Diselamatkan

Kompas.com - 30/08/2016, 06:53 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Para penjaga pantai Italia, Senin (29/8/2016),  mengatakan, pihaknya telah menyelamatkan 6.500 migran di Laut Mediterania di lepas pantai Libya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Senin menjadi hari paling sibuk untuk menyelamatkan ribuan orang yang terancam keselamatannya, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Gambar dramatis menunjukkan para migran dengan mengenakan jaket melompat dari salah satu kapal mereka ke Laut Mediterania dan berenang menuju kapal tim penyelamat.

"Pusat komando mengordinasikan 40 operasi penyelamatan". Tim menggunakan kapal dari Italia, organisasi kemanusiaan,  dan Frontex, lembaga perbatasan Uni Eropa Frontex.

Petugas berhasil ‘menyelamatkan 6.500 migran’ tulis petugas penjaga pantai Italia di Twitter.

Hari sebelumnya, Minggu (28/8/2016), petugas juga menyelamatlan lebih dari 1.100 migran di perairan yang sama, meski selama Agustus gelombang migrasi sudah berkurang.

Migran yang tiba di Italia sejak awal tahun 2016, sebelum operasi penyelamatan Senin (29/8/2016), telah mencapi 105.000 orang menurut badan pengungsi PBB.

Lebih dari 3.000 migran telah meninggal di laut ketika mereka mencoba untuk mencapai baik Yunani atau Italia sejak awal tahun. 

Kematian itu meningkat sekitar 50 persen dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com