Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Mabuk, Dua Pilot Ditangkap Sesaat Sebelum Lepas Landas

Kompas.com - 29/08/2016, 18:10 WIB

GLASGOW, KOMPAS.com - Dua pilot maskapai United Airlines ditangkap karena dicurigai berada dalam pengaruh alkohol beberapa saat sebelum menerbangkan pesawat dari Glasgow ke New York.

Sebagian dari 141 penumpang sudah mulai naik ke dalam pesawat saat polisi menangkap kedua pilot yang sudah berada dalam kokpit.

Pesawat yang dijadwalkan terbang pukul 09.00 waktu setempat itu akhirnya lepas landas pada pukul 19.15 dengan menggunakan awak pesawat pengganti.

Kedua pilot tersebut akan dihadirkan pada sidang di Pengadilan Paisley Sheriff pada Senin (29/8/2016).

Maskapai United Airlines mengatakan, kedua pilot itu telah dilarang menerbangkan pesawat sambil menunggu hasil penyelidikan.

Seorang juru bicara maskapai United Airlines mengatakan, keselamatan penumpang dan awak pesawat ‘merupakan prioritas tertinggi mereka.’

Kasus serupa terjadi bulan Juli lalu, saat dua pilot berkebangsaan Kanada dihadapkan ke pengadilan setelah ditangkap di Bandara Glasgow juga karena dicurigai dalam kondisi mabuk.

Kapten Jean-Francois Perreault (39) dan Imran Zafar Syed (37) saat itu dijadwalkan menerbangkan pesawat Air Transat yang mengangkut 345 penumpang dan sembilan awak.

Mereka dibebaskan dengan uang jaminan namun perkaranya masih terus diproses di pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com