Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,1 M Guncang Pulau Terpencil di Samudra Atlantik

Kompas.com - 29/08/2016, 14:28 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang bagian utara Ascension Island, pulau terpencil di Samudra Atlantik, Senin (29/8/2016).

Menurut data yang dirilis Badan Survei Geologi AS atau USGS, gempa terjadi pada 04.29 UTC atau pukul 11.29 WIB.

Pusat gempa berada di titik koordinat 0,042 Lintang Selatan (LS) dan 17,826 Bujur Barat (BB) pada kedalaman 10 kilometer.

Meski tergolong gempa dangkal, diperkirakan tidak ada populasi penduduk yang terdampak getaran gempa di pulau terpencil tersebut.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga menyatakan tidak ada potensi tsunami.

Ascension Island adalah salah satu wilayah yang termasuk dalam wilayah Kerajaan Inggris Raya. Pada Perang Falklands/Malvinas tahun 1982, pulau tersebut dipakai sebagai pangkalan militer Inggris untuk bertempur dengan Argentina.

Di pulau tersebut, saat ini terdapat pangkalan militer Angkatan Udara Inggris atau RAF dan juga digunakan oleh Angkata Udara AS atau USAF.

Selain itu, di Ascension Island terdapat teleskop milik Badan Penerbangan dan Antariksa AS atau NASA yang melacak pergerakan sampah antariksa. Salah satu dari empat ground antenna yang membantu mengendalikan GPS juga berada di pulau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com