Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Layani Perempuan Muslim, Restoran di Perancis Ini Dikecam

Kompas.com - 29/08/2016, 12:47 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah video yang menampikan seorang pekerja restoran di pinggiran Paris menolak untuk melayani dua perempuan Muslim, memicu kemarahan warga Perancis.

Dalam video yang disebar di media sosial tersebut, pekerja restoran tersebut mengatakan kepada kedua perempuan berhijab itu bahwa semua Muslim adalah teroris.

Insiden memalukan itu terjadi di restoran Le Cenacle di kawasan Tremblay-en-France pada Sabtu (27/8/2016).

Dalam video yang direkam diam-diam oleh salah seorang perempuan tersebut terlihat sang pegawai berkata-kata dengan sangat emosional.

"Kami tak ingin dilayani oleh seorang rasialis," kata salah seorang perempuan tersebut.

"Rasisme tak membunuh orang," kata staf restoran tersebut.

"Saya tak ingin orang-orang seperti kalian di restoran ini. Titik," tambah pria tersebut.

Setelah video itu tersebar dan dia dikecam banyak orang, star pria itu kemudian meminta maaf kepara sekelompok pengunjuk rasa di luar restoran itu pada Minggu (28/8/2016).

Selain meminta maaf dia mengatakan telah kehilangan kendali karena situasi tegang yang mencengkeram Perancis terkait masalah pelarangan burkini.

Selain itu, pria tersebut juga memiliki seorang teman yang tewas dalam serangan di gedung konser Bataclan, Paris pada Novemner tahun lalu. Demikian dilaporkan harian Le Parisien.

Jaksa setempat, kepada Le Parisien mengatakan, tengah membuka investigasi terkait dugaan terjadinya diskriminasi rasial itu.

Seorang menteri pemerintahan Perancis, Laurence Rossignol mengatakan, dia telah meminta Dilcra, badan anti-rasialisme pemerintah, untuk menyelidiki kasus yang disebutnya tak bisa ditolerir itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC News


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com