Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia untuk Pertama Kali Deportasi Puluhan Migran

Kompas.com - 29/08/2016, 05:50 WIB

ROMA, KOMPAS.com – Italia, negara yang baru saja dilanda gempa bumi, untuk pertama kalinya telah memulangkan sekelompok migran ke negara asal mereka di Sudan.

Setidaknya 48 migran Sudan telah dipulangkan dengan menggunakan penerbangan carteran.

Pemerintah Sudan dan Italia bekerja sama untuk mengatasi krisis migran tersebut.

Para migran selama ini berada di Ventimigli, Italia. Mereka dideportasi, namun organisasi hak asasi manusia memprotes langkah tersebut sebagaimana dilaporkan Daily Express.

Puluhan migran itu, yang semula berharap bisa menyeberangi perbatasan Italia ke Perancis, diterbangkan ke Khartoum, ibu kota Sudan,  dengan pesawat EgyptAir carteran.

Awalnya mereka hendak diterbangkan dari Bandara Malpensa, Milan. Namun, karena khawatir ada demonstrasi, mereka diterbangkan dari Turin-Caselle, sekitar satu jam dari Milan.

Deportasi migran itu merupakan yang pertama kali dilakukan di Italia meski banyak warga memprotes dan marah atas langkah pemerintah itu.

Berbicara kepada media lokal, pengunjuk rasa mengatakan, "Kami mengenal baik baik dua dari orang-orang yang berada di pesawat itu.”

"Sampai kemarin mereka berada di kantor Palang Merah, mereka merasa aman dan mereka mempersiapkan segala sesuatu untuk meminta suaka," kata seorang demonstran.

Pejabat Italia belum mengomentari deportasi.

Alessandra Ballerini, seorang pengacara di Caritas Ventimiglia dan ahli hukum imigrasi, mengatakan, "Ini adalah deportasi massal ke negara di mana hak-hak fundamental dilanggar dan di mana hidup mereka berada dalam bahaya”.

"Dengan operasi ini, negara kita menjadi kaki tangannya,” kata Ballerini.

Pada 2015, 60 persen pencari suaka Sudan diberikan perlindungan kemanusiaan di Italia.

Namun, Sudan dan Italia menandatangani perjanjian pada awal bulan ini untuk bekerja sama dalam mengatasi migrasi dan mengontrol perbatasan.

Sebuah tim dari pejabat Sudan telah dikirim ke perbatasan Italia-Perancis untuk mengidentifikasi migran yang harus dipulangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com