Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Tetapkan Hari Berkabung Nasional untuk Korban Gempa

Kompas.com - 27/08/2016, 14:19 WIB

Hari berkabung nasional dimulai di Italia pada Sabtu (27/8/2016) untuk menghormati ratusan orang yang meninggal dunia ketika gempa bumi melanda bagian tengah negara tersebut.

Perdana Menteri Italia Matteo Renzi dijadwalkan menghadiri upacara pemakaman kenegaraan bagi para korban gempa di Arquata, salah kota yang terpapar gempa.
Italia berlakukan status darurat di daerah terpapar gempa

Bendera setengah tiang dikibarkan di seantero negeri selagi rakyat Italia berbelasungkawa untuk para korban.

Secara keseluruhan korban meninggal dunia akibat gempa telah mencapai 278 orang. Lebih dari 200 orang di antaranya meninggal di Kota Amatrice, sedangkan sisanya di Arquata, Accumoli, dan Pescara del Tronto.

Sebagian besar jenazah dikumpulkan di kamar mayat sementara di sebuah hanggar di Kota Rieti. Di sana, orang-orang dapat berkunjung untuk mencari sanak keluarga mereka.

Selain korban meninggal dunia, gempa berkekuatan 6,2 pada skala Richter yang melanda pada Rabu (24/8/2016) itu menyebabkan 388 orang cedera dan 2.000 orang menjadi tunawisma.

Para regu pencarian kesulitan mencari korban yang mungkin masih bisa diselamatkan karena terhambat oleh ratusan gempa susulan. Salah satu gempa susulan berkekuatan 4,3 magnitudo dan merusak jembatan di Amatrice.

"Mari berharap jembatan itu tidak rubuh atau kota akan terputus dari kedua arah," kata Wali Kota, Sergio Pirozzi.

Upaya penyelamatan disokong oleh status darurat yang diterapkan pemerintah Italia di daerah yang terpapar gempa. Melalui status darurat itu pula, dana bantuan sebesar 50 juta euro atau Rp 743 miliar dikucurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com