Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadilan Perancis Batalkan Aturan yang Melarang Burkini

Kompas.com - 27/08/2016, 07:31 WIB

Pengadilan administrasi tertinggi Perancis, Jumat (26/8/2016)m membatalkan aturan yang melarang penggunaan baju renang yang menutup seluruh tubuh atau "burkini" yang diterapkan di Kota Villeneuve-Loubet.

Keputusan pengadilan itu menyebutkan aturan tersebut dinilai "benar-benar dan jelas secara ilegal melanggar kebebasan fundamental untuk datang dan pergi, kebebasan berkeyakinan, dan kebebasan individu".

Keputusan tersebut menjadi sebuah preseden bagi 30 kota lainnya yang juga telah menerapkan larangan serupa. Nantinya, pengadilan akan membuat keputusan final terhadap pembatalan aturan larangan burkini.

Seorang pengacara yang berada di luar pengadilan mengatakan bahwa orang-orang yang telah didenda karena dianggap melanggar aturan soal larangan penggunaan burkini dapat mengambil kembali uang mereka.

Kebijakan yang dikenal sebagai larangan burkini ini telah memicu debat yang sengit di Perancis dan seluruh dunia.

Jajak pendapat menunjukkan sebagian besar warga Perancis mendukung larangan itu. Para wali kota menyebut hal itu sebagai upaya untuk melindungi kepentingan publik dan sekularisme. 

Tetapi, kelompok warga muslim menilai aturan tersebut diskriminatif dan tidak adil karena hanya menjadikan mereka sebagai target.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com