Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Pegang Ikan dan Daging Saat Belanja di Footscray Market Australia

Kompas.com - 26/08/2016, 20:51 WIB
Caroline Damanik

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com – “My daddy left home when I was three
And he didn't leave much to ma and me
Just this old guitar and an empty bottle of booze.
Now, I don't blame him cause he run and hid
But the meanest thing that he ever did
Was before he left, he went and named me ‘Sue’...
"

Irama musik country dan suara berat Johnny Cash mengalun dengan volume keras di tengah rutinitas pagi di area makanan segar di Footscray Market di kawasan Footscray, Victoria, Australia.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Lapak penjual ikan dan seafood segar di Footscray Market, Footscray, Victoria, Australia.
Tiba-tiba pengunjung berdatangan dan memenuhi bagian depan kios John & Kevin’s Fresh Fish yang menjual ikan dan makanan laut segar di pasar ini. Lebih dari lima pegawai sibuk melayani pengunjung yang asyik memilih ikan, udang, atau makanan laut segar lainnya yang ingin mereka beli dari lapak ini.

Setiap lagu Johnny Cash terdengar dari kios ikan segar ini artinya produk laut yang dijual di lapak ini sedang dijual dengan harga miring. Pemiliknya memberikan diskon besar-besaran selama lagu ini dipasang. Setelah itu, harga kembali normal.

“Setiap lagu Johnny Cash terdengar, pengunjung langsung berlari ke depan sini karena harga dibuat miring,” ujar Craig McCloskey, salah satu pegawai lapak John & Kevin’s Fresh Fish.

Para pembeli ini, lanjutnya, biasanya hanya akan menunjuk ikan atau makanan laut segar yang mereka ingin beli lalu para pegawai lapak ini akan membungkusnya.

Craig menegaskan bahwa ada aturan khusus yang diberlakukan pemerintah negara bagian Victoria sehingga pembeli tidak boleh menyentuh ikan, daging atau makanan laut yang mereka ingin beli.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Craig McCloskey, salah satu pegawai lapak John & Kevin’s Fresh Fish, lapak penjual ikan dan seafood segar, di Footscray Market, Footscray, Victoria, Australia.
“Di Australia, ada aturan tidak boleh memegang ikan atau makanan segar saat berbelanja karena kita tidak tahu apa yang ada di tangan Anda, apa yang Anda pegang sebelumnya. Itu sebabnya tidak boleh memegang ikan, daging dan makanan laut segar,” ujarnya pada awal Juni 2016.

"Kalau Anda beli buah, Anda diperbolehkan menyentuhnya, baik apel, pisang maupun anggur. Tetapi pemerintah membuat aturan yang melarang Anda menyentuh ikan, ayam, dan daging agar bebas bakteri. Kalau buah bisa dicuci sebelum makan, tetapi menyentuh ikan melanggar hukum,” lanjutnya kemudian.

 

 

Bumbu Asia

Tak hanya ikan, daging dan makanan laut segar, pasar yang terletak  sekitar 7 kilometer ke arah barat laut dari Federation Square di pusat kota Melbourne ini juga menyediakan bumbu dan rempah Asia.

Di tempat ini, misalnya, mudah ditemukan bumbu-bumbu khas Indonesia, seperti pala, cengkeh dan kembang lawang.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Bumbu dan rempah khas Asia yang dijual di Footscray Market, Footscray, Victoria, Australia.
Bumbu dan rempah ini dikemas dengan rapi dalam kemasan mangkuk dari plastic. Harganya berkisar antara 3-5 dolar Australia.

Di toko yang sama juga dijual berbagai jenis kacang-kacangan dan biji kopi dari berbagai negara di dunia.

Sementara itu, di bagian depan pasar dijual sayur dan buah segar. Sebagian penjualnya menawarkan barang dagangannya dengan berteriak untuk menarik perhatian para pembeli. Para pembeli bukannya menghindar, toko ini selalu ramai didatangi pengunjung.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com