Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Terbang Terbesar di Dunia Jatuh dalam Uji Coba Kedua

Kompas.com - 25/08/2016, 09:24 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Airlander 10, yang diklaim sebagai pesawat terbang terbesar di dunia, jatuh dalam uji terbang keduanya.

Pesawat terbang dengan julukan "The Flying Bum" karena bentuk bagian belakangnya yang bundar, jatuh saat mendarat di lapangan terbang Cardington, Inggris, Rabu (24/8/2016) pagi, di penghujung uji terbang keduanya.

Pesawat dengan nama resmi Martha Gwyn ini menarik perhatian publik tak hanya karena ukurannya yang besar tetapi juga karena bentuknya yang unik.

"Kami sudah melakukan taklimat menyusul uji terbang kedua ini. Semua kru selamat dan tak ada yang terluka," kata juru bicara pembuat pesawat ini Hybrid Air Vehicle (HAV).

Kendaraan terbang ini sudah menyelesaikan 100 menit penerbangan seperti yang direncanakan saat hidungnya menukik ketika hendak melakukan pendaratan.

"HAV sudah melakukan serangkaian prosedur terkait aktivitas uji terbang dan menggelar investigasi atas masalah ini," demikian HAV.

Meski penyebab kecelakaan ini belum diketahui, sejumlah saksi mata mengatakan pesawat itu menghantam sebuah tiang telegram saat hendak mendarat.

"Lalu saat mendekati landasan, pesawat itu menukik dan mendarat di atas kokpitnya dengan keras," ujar saksi mata itu.

Pesawat ini melakukan terbang perdananya pada pekan lalu dan dirancang untuk mampu terbang selama lima hari saat dikendalikan manusia.

HAV mematok harga 25 juta poundsterling atau sekitar Rp 439 miliar. Airlander diklaim bisa digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pengintaian, komunikasi atau pengantaran barang.

Airlander 10 dalam angka:

  • Bobot: 20.000 kilogram.
  • Panjang: 92 meter.
  • Ketinggian terbang maksimal: 6.100 meter.
  • Kecepatan maksimal: 148 kilometer per jam.
  • Durasi terbang: 5 hari.
  • Daya angkut maksimal: 10.000 kilogram
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com