Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kapal Patroli Iran Cegat Kapal Perusak AS di Selat Hormuz

Kompas.com - 25/08/2016, 06:38 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Empat kapal patroli militer Iran melaju kencang dengan senjata siap ditembakkan di dekat kapal perusak AS USS Nitze yang berlayar di Selat Hormuz.

Para pejabat Kementerian Pertahanan AS, Rabu (24/8/2016) menyebut pencegatan yang dilakukan AL Iran itu sangat tak profesional dan berbahaya.

USS Nitze sempat menembakkan peluru suar, membunyikan peluitnya dan mencoba berkomunikasi dengan kapal-kapal Iran tersebut dalam insiden yang terjadi pada Selasa (23/8/2016).

Menurut kementerian pertahanan AS, pertemuan kedua angkatan laut itu terjadi di perairan internasional di sebuah titik anrara Iran di sisi utara dan Uni Emirat Arab di sebelah selatan.

Berdasarkan harian militer Stars and Stripes, USS Nitze harus mengubah haluan untuk menghindari kemungkinan menabrak kapal-kapal Iran itu meski berada di dekat beberapa rig pengeboran minyak lepas pantai.

Kapal-kapal Iran itu berada dalam jarak 300 meter dari Nitze sebelum akhirnya meninggalkan lokasi tersebut, demikian Stars and Stripes.

Pada Januari lalu, AL Iran sempat menahan kru dua kapal patroli AS yang karena melakukan kesalahan navigasi memasuki wilayah perairan Iran.

Sebanyak 10 kru AL Amerika Serikat sempat ditahan tetapi mereka semua dibebaskan dalam waktu 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com