Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Ini Sudah Tiga Kali Jadi Wali Kota Kehormatan

Kompas.com - 24/08/2016, 06:21 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Duke, seekor anjing jenis great pyrenees berusia sembilan tahun, memang bukan anjing sembarangan dalam dunia politik.

Untuk ketiga kalinya, Duke memenangkan "pemilihan umum" wali kota Cormorant, Minnesota dengan perolehan suara yang dianggap "tertinggi di Amerika Serikat".

Tiga tahun lalu, Duke hanyalah seekor anjing biasa. Namun setelah 12 orang membayar 1 dolar untuk ikut memberikan suara dalam sebuah acara penggalangan dana.

Saat itulah untuk pertama kali Duke menjadi wali kota kehormatan pertama kota itu.

"Tiga tahun lalu semua terjadi tanpa disengaja. Waktu itu ada penggalangan dana, Anda membayar satu dolar dan Anda bisa memilih," kata David Rick, pemilik Duke kepada ABC News.

Pemilihan itu digelar dalam ajang tahunan "Cormorant Daze", di mana warga lokal dan pendatang dijamu dengan kue panekuk hangat yang dilengkapi sirup mapel dan bersenang-senang dalam festival itu.

Dalam acara tahunan tersebut, Duke menjadi selebriti dan bahkan sudah diliput berbagai media ternama salah satunya adalah National Geographic. Duke bahkan memiliki akun Facebook-nya sendiri.

Karen Nelson, yang disebut sebagai ibu angkat Duke, mengatakan, para pengunjung festival kerap bertanya soal Duke dan meminta foto bersama dengan anjing itu.

"Temannya adalah anjing chihuahua milik saya, Sparky. Mereka berdua bermain di truk milik David. Situasinya pernah seperti (film) Homeward Bound saat saya memiliki seekor kucing bernama Milo," ujar Karen.

Sehari-hari Duke biasanya sibuk di peternakan atau berkumpul di Cormorant Pub di seberang kediaman Karen Nelson.

Saat Duke masih muda, anjing itu kerap berlarian dari peternakan menuju ke pub. Kini, dia lebih memilih menggunakan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com