Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Pisau yang Ditelan Selama 2 Bulan Berhasil Dikeluarkan dari Perut Polisi Ini

Kompas.com - 22/08/2016, 22:54 WIB
Pascal S Bin Saju

Editor

NEW DELHI, KOMPAS.com - Dalam operasi selama lima jam, para dokter di Rumah Sakit Amritsar, India, berhasil mengeluarkan 40 pisau dari dalam tubuh Surjeet Singh (42), seorang polisi.

Konon pisau itu ditelan Surjeet Singh dalam waktu dua bulan ini, seperti dilaporkan oleh USA Today, Senin (22/8/2016), yang mengutip penjelasan dokter ahli bedah.

Pertanyaannya, mengapa ayah dua anak itu melakukannya? Kepada salah satu dokter bedah, dia mengatkan bahwa ada keinginan kuat untuk menelannya.

"Pasien ini mengatakan kepada kami bahwa ia mengalami dorongan yang tak terkendali untuk menelan pisau-pisau itu," kata Jitendra Malhotra, dokter bedah kepada Asian News International.

Malhotra menggoperasi Singh pekan lalu. "Ini sangat mengerikan, selama karir saya sebagai dokter, saya belum pernah menyaksikan hal seperti ini," kata Malhotra seperti disampaikan USA Today.

Singh menjadi perhatian medis setelah mengeluh bahwa ia menderita sakit perut dan kurangnya nafsu makan, seperti dilaporkan Reuters.

"Saya tak tahu mengapa saya menelan pisau. Saya hanya menikmati bagaimana rasanya dan saya ketagihan seperti orang ketagihan meminum alkohol dan hal lainnya," kata dia kepada CNN.

Setelah dioperasi, Singh sekarang dalam kondisi stabil dan membaik. Ia sudah diperbolehkan pulang jika dinyatakan sehat oleh psikiater, kemungkinan dalam beberapa hari lagi.

Para dokter tidak memiliki informasi tentang diagnosis Singh pada awalnya.

Malhotra mengatakan, setelah  USG menunjukkan adanya sejumlah benda padat yang menumpuk di perutnya baru diputuskan untuk mengoperasinya.

"Untuk memastikan bahwa tidak ada pisau yang tersisa, kami melakukan pemindaian ulang. Hal yang menakjubkan ialah pasien menelan pisau selama dua bulan terakhir," kata Malhotra.

Singh kemudian mengatakan kepada para dokter bahwa ia menelan 28 pisau tapi 40 pisau telah diangkat dari perutnya.

Malhotra mengatakan Singh menderita gangguan psikologis. Polisi tersebut dilaporkan mulai menelan pisau setelah ia sembuh dari sebuah kecelakaan lalu lintas.

"Saya mengalami kecelakaan di Chandigarh dan tidak bisa berjalan dengan baik setelah itu. Belakangan saya mulai menelan pisau," kata Singh. "Ini sedikit sakit," tambahnya kepada Reuters.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com