Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Clare Picciuto, Perempuan yang Raih Ijazah SMA di Usia 100 Tahun

Kompas.com - 21/08/2016, 13:48 WIB

NORTH READING, KOMPAS.com - Seorang perempuan berusia 100 tahun di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat, akhirnya berhasil menggondol ijazah SMA, yang belum diraihnya sejak 80 tahun lalu.

Seperti diberitakan WCVB, perempuan bernama Clare Picciuto itu masuk ke jenjang SMA bersamaan dengan tibanya masa kemunduran ekonomi global di akhir dekade 20-an.

Kedua orangtua Clare lalu meminta anaknya untuk meninggalkan bangku sekolah, dan mencari pekerjaan. Sementara, sejumlah kakak laki-laki Clare masih melanjutkan sekolah kala itu.

"Saya benci keadaan itu. Sebab, seharusnya perempuan pun berhak untuk mendapatkan pendidikan," kata dia, seperti dikutip laman UPI, Minggu (21/8/2016).

Namun, akhirnya Clare harus menyerah dengan keadaan. Dia pun berkerja di sebuah pabrik gorden dengan bayaran enam dollar AS per jam.

Kendati demikian, dia tetap belajar sendiri. Dia membaca sejumlah ensiklopedia dan kamus di waktu senggangnya.

"Saya memilih sebuah kata, lalu mencari makna kata tersebut. Lalu saya mencoba melafalkannya dengan baik," kata dia.

Di ulangtahunnya yang ke 100, Clare didatangi oleh anak perempuannya Deborah Picciuto (59).

Kepada jaringan ABC News, Deborah mengungkapkan niatnya untuk memberikan ijazah SMA seperti yang selama ini diimpi-impikan Clare.

"Dia sudah menghadiri banyak acara wisuda, saat saya SMA, kuliah, pasca sarjana. Dia pun punya kesempatan serupa saat menghadiri wisuda anak-anak saya, tapi dia tak pernah diwisuda," ungkap Deborah.

"Jadi saya ingin memberikan kado tersebut untuk dia," kata Deborah lagi.

Putri Clare itu pun lalu memberikan kejutan berupa topi dan toga wisuda untuk sang bunda.

Selain itu, ada sebuah medali wisuda, dan ijazah kehormatan dari North Reading Public Schools.

"Saya mengatakan kepada dia, bahwa dalam pandangan saya, hidup yang telah dia lalui selama ini merupakan sebuah medali dan ijazah tersendiri bagia dia," ujar pejabat North Reading Public Schools, Jon Bernard.

"Clare sangat artikulatif, tajam, dan selalu berpikir positif. Dia sungguh merupakan representasi dari segala hal yang kita aspirasikan dalam hidup ini," tutur Bernard lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com