Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kaum LGBT di London Unjuk Rasa dengan "Ciuman Maraton"

Kompas.com - 15/08/2016, 09:30 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Tak kurang dari 200 orang lengkap dengan atribut bendera pelangi memenuhi sebuah supermarket di London timur, Inggris, Sabtu (13/8/2016) malam.

Mereka berkumpul untuk menggelar aksi ciuman maraton massal, sebagai bentuk protes diusirnya pasangan gay yang berpegangan tangan di toko tersebut.

Diberitakan, beberapa waktu lalu, Thomas Rees (32) dan Joshua Bradwell (25), yang sedang berbelanja di toserba Sainsbury, didatangi seorang penjaga.

Penjaga itu menyebutkan, ada seorang perempuan yang mengajukan keluhan atas sikap dan perilaku mereka ketika berada di toko itu. Hal itu yang disebut sebagai awal pengusiran yang dialami Ress dan Bradwell.

Dalam aksi malam itu, para demonstran yang adalah kaum lesbian, gay, biseksual dan transjender (LGBT) menari di luar toko yang berada Hackney Road.

Selanjutnya, seperti yang telah direncanakan sejak awal, mereka pun mulai berciuman di lorong-lorong toserba tersebut.

Pengelola Sainsbury pun meminta maaf atas insiden tersebut. Mereka juga menawarkan kupon belanja senilai Rp 170 ribu sebagai bentuk permohonan maaf kepada Rees dan Bradwell.

Rees mengaku, dia berpegangan tangan dan mungkin merangkul pinggang pasangannya saat membeli makanan, pada Senin 8 Agustus malam.

Setelah membayar, penjaga toko mengajak pasangan itu keluar -agar mereka tidak dipermalukan- untuk menyampaikan keluhan seorang wanita tersebut.

"Hal itu benar-benar menampar saya, dan saya menganalisanya selama lebih satu hari tentang bagaimana orang melihat saya," kata Rees.

Sementara Bradwell mengatakan, jumlah orang yang muncul untuk mendukung mereka sungguh di luar dugaan.

Selama aksi berlangsung, terdengar teriakan usiran dari warga lain. Namun anggota komunitas ini tetap melakukan aksi mereka. 

Jurubicara Sainsbury yang menyediakan biskuit dan air minum untuk para pengunjuk rasa, mengatakan, "ini merupakan acara yang sungguh hebat dan kesempatan penting bagi masyarakat untuk menunjukkan dukungan mereka".

"Kami mengupayakan yang terbaik untuk memastikan semua orang merasa kerasan di toko kami. Tapi kadang kami membuat kesalahan. Kami berusaha untuk memastikan bahwa kami mendapat pelajaran dari sini," kata orang itu.

Dia lalu mengatakan, pihak supermarket sedang melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Dua tahun lalu, sebuah aksi ciuman juga diadakan di sebuah toko Sainsbury di Brighton akibat diusirnya sebuah pasangan lesbian, sesudah salah satu mencium pipi pasangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com