Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Koki Olimpiade Olah Bahan Sisa untuk Sediakan Makanan bagi Warga Miskin

Kompas.com - 12/08/2016, 11:41 WIB

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Sekelompok juru masak internasional yang bekerja menyiapkan makanan untuk para atlet Olimpiade, menginisiasi sebuah upaya untuk mengatasi masalah kelaparan di kota Rio de Janeiro, Brasil.

Caranya, mereka akan memasak dalam jumlah lebih banyak dan akan memberikan kelebihan makanan itu kepada warga miskin di sekitar perkampungan atlet.

Olimpiade le-31 di Rio de Janeiro ini menghadapi hujan kritik karena digelar di saat Brasil tengah berjuang mengatasi krisis ekonomi yang sangat dalam.

Nah, perusahaan katering yang dikontrak untuk menyediakan makanan bagi 11.000 atlet yang berlaga di Olimpiade memutuskan untuk sedikit memberi bantuan dengan menyumbangkan makanan bagi warga yang kekurangan.

Inisiatif ini digagas Massimo Bottura, koki asal Italia dan David Hertz asal Brasil, perusahaan katering RefettoRio Gastromotiva akan memasak 5.000 porsi makanan dari berbagai bahan yang tersisa.

"RefettoRio Gastromotiva akan mengolah bahan-bahan yang seharusnya dibuang, seperti buah dan sayuran atau yogurt yang tak lama lagi akan kedaluarsa jika tak terjual," kata Hertz kepada Reuters.

"Kami ingin memerangi kelaparan dan sekaligus menyediakan makanan yang bergizi," lanjut Hertz.

"Gastromotiva akan terus menyediakan makanan bagi warga miskin sepanjang perhelatan Olimpiade dan Paralympic Games," tambah Hertz.

Perusahaan itu juga akan memberikan pelatihan bagi yang ingin menjadi pekerja profesional dunia kuliner misalnya koki, pembuat roti dan pelayan restoran.

Massimo Bottura mengatakan, aksi yang dilakukan Gastromotiva ini terinspirasi inisiatif sejenis yang dilakukan Refetterio Ambrosiano pada 2015.

Saat itu 65 orang juru masak berkumpul mengolah berbagai bahan makanan yang merupakan sumbangan dari World Expo Milan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com