Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan: Saya Akan Buka Babak Baru dengan Sahabat Saya, Vladimir Putin

Kompas.com - 08/08/2016, 10:47 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berharap pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin akan membuka babak baru hubungan kedua negara.

Demikian disampaikan Erdogan dalam wawancara dengan kantor berita TASS pada Minggu (7/8/2016).

"Ini akan merupakan kunjungan bersejarah, sebuah awal baru. Dalam pembicaraan dengan sahabat saya Vladimir (Putin), saya yakin, babak baru hubungan bilateral akan dimulai," demikian TASS mengutip Erdogan yang akan memulai kunjungannya ke Rusia pada Selasa (9/8/2016).

Sementara itu, lebih dari 1 juta orang berkumpul di Istanbul untuk sebuah aksi mendukung pemerintah Turki dan mengecam unjuk rasa yang gagal pada 15 Juli lalu yang menewaskan sedikitnya 270 orang.

Lapangan Yenikapi di pesisir Laut Marmara di sisi Eropa Istanbul berubah menjadi lautan merah dan putih, warna bendera Turki.

Tak ada data resmi soal jumlah warga yang hadir dalam unjuk rasa itu, tetapi media Turki menyebut sedikitnya 1 juta orang datang dalam acara tersebut.

Unjuk rasa itu dimulai dengan mengheningkan cipta mengenag mereka yang tewas karena menentang kudeta yang diikuti lagu kebangsaan Turki dan pembacaan doa.

Sebuah panggung setinggi 60 meter didirikan untuk acara tersebut yang dihiasi slogan dan spanduk raksasa bergambar Presiden Erdogan dan pendiri Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com