Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Mesir Klaim Tewaskan Pemimpin ISIS di Sinai

Kompas.com - 05/08/2016, 12:00 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Angkatan Bersenjata Mesir mengatakan, telah menewaskan pimpinan ISIS di Sinai, bersama dengan sejumlah anggotanya.

Pernyataan itu juga menyebutkan, Abu Duaa al-Ansari tewas dalam serangkaian serangan udara terhadap kelompok ISIS di Sinai atau Ansar Beit al-Maqdis.

Serangan udara itu menargetkan wilayah yang dikuasai kelompok militan tersebut di dekat kota El-Arish.

Kelompok pemberontak di provinsi Sinai merupakan yang paling aktif beraksi di Mesir dan terkait dengan sejumlah serangan mematikan di Sinai dan Kairo.

"Serangan menyebabkan 45 teroris tewas, puluhan terluka dan sejumlah senjata dimusnahkan," demikian pernyataan angkatan bersenjata Mesir.

Brigadir Jenderal Mohammed Samir mengatakan lewat akun Facebook-nya bahwa Al-Ansari tewas dalam sebuah operasi yang dituntun informasi intelejen yang akurat.

Namun, pernyataan Samir itu tidak menjelaskan waktu berlangsungnya operasi di Sinai tersebut.

Kelompok militan Ansar Beit al-Maqdis, yang telah aktif di Semenanjung Sinai sejak 2011, belum mengeluarkan komentar terkait kabar kematian pemimpinnya itu.

Militansi Islam meningkat di Mesir sejak militer memakzulkan Presiden Mohammed Morsi yang disokong Ikhwanul Muslimin pada 2013.

Survei terbaru yang dilakukan situs berita Al-Araby Al-Jadid yang berbasis di London menyebutkan, kelompok militan telah melakukan lebih dari 31 serangan di seluruh wilayah Sinai hanya dalam dua pekan pada Maret 2016.

Kelompok ini juga produktif dalam membuat video propaganda yang kemudian disebar lewat internet.

Rabu lalu, sebuah video yang disebut berasal dari kelompok yang berafiliasi dengan ISIS di Sinai mengeluarkan ancaman langsung ke Israel.

Dalam ancaman untuk Israel yang amat jarang dilakukan itu, kelompok tersebut mengancam Israel "membayar dengan harga mahal" dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com