Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Lepaskan Rudal Jarak Menengah ke ZEE Jepang, PM Abe Berang

Kompas.com - 03/08/2016, 19:57 WIB

KOMPAS.com - Sebuah peluru kendali balistik jarak menengah yang diluncurkan Korea Utara, Rabu (3/8/2016), mengudara sejauh 1.000 kilometer dan mendarat di wilayah perairan Jepang.

Kementerian Pertahanan Jepang, seperti dikutip dari laman Japan Today memastikan hulu ledak tersebut jatuh di zona ekonomi eksklusif Jepang.

Sejumlah media di Jepang melaporkan, rudal Korut ini merupakan yang pertama kali jatuh di wilayah Jepang.

Perdana Menteri Shinzo Abe pun berang dengan kejadian ini. “Ini merupakan bentuk ancaman yang serius bagi Jepang, dan ini tak dapat dimaafkan karena mereka telah mengancam keamanan di Jepang," tegas Shinzo Abe.

Baik Pemerintah Jepang maupun Korea Selatan menyebut, uji coba peluru kendali ini merupakan yang terjauh yang dilakukan Korut.

Sementara itu, Komando Strategis Militer Amerika Serikat menyebut, pelepasan rudal yang dilakukan negeri Kim Jong Un itu tidak hanya satu.

Korut tercatat melepas dua rudal secara simultan. Salah satunya adalah yang masuk di ZEE Jepang, dan satu lainnya meledak sesaat setelah diluncurkan.

Sejauh ini belum ada informasi yang didapat dari Korut. Namun beberapa waktu terakhir, Korut sudah mengklaim bahwa mereka telah mampu menemukan teknologi rudal nuklir jarak jauh, yang mampu mencapai wilayah AS.

Terkait klaim itu, Kantor Kementerian Pertahanan Korsel menyangkahnya. Mereka meyakini Korut belum memiliki persenjataan tersebut.

Kendati demikian, sejumlah pakar persenjataan dari kalangan sipil menyebut Korut memiliki teknologi untuk memasangkan hulu ledak nuklir jarak pendek, Rodong dan Scud.

Kedua jenis misil itu disebut mampu menjangkau wilayah Korea Selatan dan Jepang. 

Berdasarkan pernyataan dari Pemerintah Korsel dan Jepang, salah satu misil Rodong diluncurkan dari Provinsi Hwanghae di Korut.

Rudal itu terbang melintasi wilayah udara Korut, sebelum jatuh di perairan antara Jepang dan semenanjung Korea.

Komisi bersama di Seoul dalam pernyataannya pun mengecam keras peluncuran misil Korut. Mereka menilai, Korut secara langsung telah "unjuk gigi" dan menebar ancaman bahwa mereka mereka memiliki rudal yang mampu menjangkau wilayah Korsel dan negara tetangga lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com