Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gajah yang Bisa Berenang di Laut Ini Mati dalam Usia 66 Tahun

Kompas.com - 03/08/2016, 09:52 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Dilihat sekilas, Rajan tak berbeda dari sosok gajah lainnya. Namun, dia memiliki keunikan karena Rajan mampu berenang di perairan Teluk Bengala selincah buruk pelikan.

Saat berenang di laut, belalai Rajan terlihat di permukaan air untuk bernafas, aksinya di laut sekilas mirip sebuah kapal selam.

Keunikan Rajan, yang tinggal di Kepulauan Andaman di Samudera Hindia, membuat gajah ini menjadi bintang dan perhatian para wisatawan yang berkunjung ke kepulauan tersebut.

Keberadaan Rajan yang di Andaman dapat dilacak kembali pada 2004 saat gajah ini terlantar di Pulau Havelock usai sebuah syuting film.

Pemilik Rajan saat itu, tak memiliki cukup uang untuk menyewa kapal yang akan membawanya ke pulau terdekat.

Akibat tak terurus, Rajan jatuh sakit hingga sebuah hotel wisata Barefoot Resort memutuskan untuk menyelamatkan hewan besar itu.

Namun, setelah diurus hotel tersebut, pemilik Rajan berniat menjual gajah itu ke sebuah kuil Hindu di Kerala. Alhasil, pengelola resor mengumpulkan dana untuk mencegah dijualnya Rajan.

Dalam upaya menggalang dana itu, Rajan ikut ambil bagian. Dia berenang di laut sambil membawa turis demi mendapatkan uang.

Di waktu luangnya, Rajan berjalan-jalan bebas di sekeliling pulau itu dan melakukan kegemaran lainnya, yaitu berenang di laut.

Selama itu pula Rajan kerap diabadikan dalam bentuk film atau video terkait kemampuan uniknya itu.

Lima tahun terakhir, Rajan pensiun dan menghabiskan hari-harinya dengan merumput di hutan yang terdapat di pulau Havelock dan sesekali masih menjadi model foto bersama para turis.

Namun, dalam usia 66 tahun, Rajan mati saat tengah merumput di hutan. Pengelola Barefoot Resort memperkirakan gajah itu mati pada Minggu malam lalu.

Pulau Havelock adalah pulau terbesar di Kepulauan Ritchie, yang terletak di sisi timur Pulau Andaman Besar.

Pulau seluas 113,93 kilometer persegi ini terletak 57 kilometer sebelah timur laut ibu kota Andaman, Port Blair dan berpenduduk kurang dari 6.000 jiwa.

Aksi Rajan saat berenang di laut bisa Anda saksikan dalam video di bawah ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com