Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Dikecam Warga, Mural Hillary Berbikini Diganti dengan Niqab

Kompas.com - 02/08/2016, 22:55 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Dewan kota Maribyrnong, Negara Bagian Victoria, Australia, mengancam akan mendenda seniman jalanan Lushsux karena menggambarkan Hillary Clinton berbikini pada sebuah tembok di Melbourne.

Dalam mural tidak pantas itu, di sisi kiri balutan bikini calon Presiden AS dari kubu Demokrat itu juga terselip beberapa uang kertas pecahan 100 dollar AS. 

Menurut dewan kota, tindakan itu pelecehan, bukan karya seni. Dewan mengancam akan mendenda Lushsux, seperti dilaporkan The Guardian, Selasa (2/8/2016)

Langkah dewan itu dilakukan setelah mendapat pengaduan dari warga atas mural yang dilukis di dinding sebuah toko skuter di Footscray, lima kilometer barat Melbourne.

Dewan menilai bahwa karya Lushsux itu melanggar kebijakan kesetaraan gender yang diterapkan di kota itu.

"Kami yakin mural ini ofensif karena penggambaran seorang wanita hampir telanjang, tidak atas dasar hormat kepada Hillary Clinton," kata Kepala Eksekutif Dewan Maribyrnong, Stephen Dinding.

"Itu tidak sesuai dengan sikap kami terkait kesetaraan gender," tambahnya.

 

 

The Guardian Mural Hillary Clinton berbikini diganti dengan nikab.

Menurut Wall, "Kami telah menghubungi kepolisian Victoria untuk meminta pendapat mereka tentang masalah ini, dan mereka menganggap mural ini ofensif dan bertentangan dengan UU Pencegahan Grafiti 2007, yang diterapkan oleh dewan." 

Dewan kota Maribyrnong juga mengancam pemilik bangunan ini dengan penuntutan pidana dan denda jika mural itu tidak dihapus.

Akun media sosial Instagram milik Lushsux juga dihapus setelah ia mengunggah foto karyanya. 

Lushsux merespons tuntutan dewan kota bukannya dengan menghapus mural tersebut. Dia malah menutupi gambar bikini di lukisan Hillary dan menggantinya dengan niqab.

Mural Hillaryu pun tampak telah ditutupi dengan warna hitam, menyisakan gambar mata sang kandidat presiden dari Partai Demokrat tersebut.

Lushsux menambahkan kalimat di sebelah mural Hillary dengan kalimat, "Jika wanita Muslim ini menyinggung Anda, [maka] Anda seorang yang fanatik, seksis dan Islamofobia."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com