Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2016, 16:47 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Negara Islam Irak dan Suriah merilis video yang menampilkan dua pemuda Perancis pelaku penyerangan gereja di Normandia yang menewaskan seorang pastor.

Kedua pemuda itu berbicara dalam bahasa Arab dan menyatakan sumpah setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dalam video yang dirilis kantor berita Amaq, Rabu (27/7/2016).

Dalam video itu kedua pemuda tersebut menyebut diri dengan nama "perang" Abu Omar dan Abu Jalil al-Hanfai. Mereka berpegangan tangan saat duduk di lantai dan menyatakan sumpah setia kepada Al-Baghdadi.

Salah seorang penyerang diidentifikasi bernama Adel Kermiche (18). Polisi mengatakan, Adel adalah pemuda setempat yang pernah mencoba berangkat ke Suriah dua kali tahun lalu.

Sambil mengenakan pakaian loreng dan berbicara dalam bahasa Arab yang terpatah-patah, Adel Kermiche menyatakan kesetiaannya kepada Al-Baghdadi.

"Kami menyatakan sumpah setia dan kepatuhan kepada Emir Abu Bakr al-Baghdadi dalam masa susah dan masa senang," ujar Adel.

Sementara itu, pelaku kedua aksi penyanderaan di gereja kota Saint-Etienne-du-Rouvray dekat Rouen, Normandia Perancis Abdel Malik Petitjean (19).

Abdel Malik juga tewas ditembak polisi yang menyerang gereja untuk membebaskan sandera.

Pembunuhan pastor ini merupakan rangkaian terakhir gelombang serangan di Eropa dalam beberapa pekan terakhir.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com