Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejaksaan Perancis Identifikasi Pelaku Penyerangan Gereja

Kompas.com - 27/07/2016, 15:50 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Salah satu dari dua orang penyerang gereja di kota Saint-Etienne-du-Rouvray dekat Rouen, Normandia Perancis sudah teridentifikasi.

Kejaksaan Perancis menyebut Adel Kermiche (18) sebagai salah seorang tersangka itu. Adel dan rekannya yang belum teridentifikasi menyerang gereja itu dan membunuh pastor Jacques Hamel.

Adel dan rekannya juga merekam proses mereka membunuh sang pastor mirip seperti yang dilakukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terhadap para tahanannya.

Setelah membunuh pastor Jacques, keduanya kemudian berdiri di altar gereja menyampaikan banyak hal dalam bahasa Arab, sebelum ditembak mati polisi.

Empat orang lainnya yang sempat mereka sandera, kemudian dibebaskan setelah seorang biarawati lolos dari penyanderaan dan melaporkan hal tersebut ke polisi.

Jonathan Sacarabany, kenalan keluarga Adel Kermiche mengatakan, remaja itu tumbuh besar di sebuah kompleks permukiman di kota kecil tersebut.

Sacarabany menambahkan, Adel lahir di Aljazair dan memiliki seorang kakak perempuan yang berprofesi sebagai dokter di kota Rouen dan seorang kakak laki-laki.

Sementara ibu kandung Adel adalah seorang profesor di sebuah universitas di wilayah tersebut.

Sacarabany mengatakan, keluarga Adel sebelumnya pernah melapor ke polisi agar mencegah remaja yang sudah teradikalisasi itu pergi ke Suriah.

Polisi kemudian menangkap Adel pada 2015 saat hendak berangkat ke Suriah dengan menggunakan paspor milik kakaknya. Pada Maret lalu, Adel ditahan karena merencanakan serangan teror di Perancis.

Seorang polisi yang tak mau disebut namanya mengatakan, Adel kemudian diputuskan untuk berada di bawah pengawasan pengadilan dengan gelang elektronik yang dipasang ke tangannya.

Namun, setiap hari selama lima jam, gelang elektronik itu dimatikan sehingga dia bisa meninggalkan rumah tanpa pengawasan.

Polisi itu juga mengatakan, Adel juga diwajibkan melaporkan diri setiap hari ke kantor polisi setempat.

Sementara itu, Jaksa Agung Perancis Francois Mollins mengatakan, investigasi tengah digelar terkait kasus ini.

Sejauh ini kepolisian sudah menangkap beebrapa orang yang terkait dengan serangan terhadap gereja tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com