Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Sanksi PBB, Hobi Kim Jong Un Koleksi Jam Mewah Swiss Terhenti

Kompas.com - 26/07/2016, 21:24 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Kegemaran pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengoleksi jam tangan mewah buatan Swiss sepertinya harus terhent karena penerapan sanksi PBB.

Pemerintah Swiss menghentikan ekspor jam mewah ke Korea Utara dan memang tidak satu buah jam tangan pun masuk ke negara itu dalam dua bulan terakhir, demikian dilaporkan Radio Free Asia yang didukung Amerika Serikat.

Pemimpin tertinggi Korea Utara itu seringkali difoto sambil mengenakan jam tangan mewah. Sudah sejak lama banyak kalangan mempertanyakan bagaimana barang-barang tersebut dapat masuk ke Korea Utara.

Larangan PBB untuk mengekspor barang mewah ke Korea Utara diberlakukan terkait dengan proyek nuklir dan peluru kendali balistik negeri itu.

Kim dan saudara perempuannya, Kim Yo-jong, yang sekarang menjadi pejabat tinggi partai, sama-sama pernah mengenyam pendidikan di Swiss.

Pemimpin Korea Utara ini memang dikenal tertarik dengan sejumlah aspek kebudayaan Barat.

Menurut koran Korea Selatan, JoongAng Daily, Federasi Industri Jam Tangan Swiss memastikan jam buatan mereka tidak bisa dikirimkan ke Korut lantaran sanksi penghentian ekspor.

Kesukaan Kim terhadap jam Swiss, bagi dirinya sendiri dan sebagai hadiah untuk anggota partai, mencapai puncaknya saat dia mengeluarkan dana 220.000 dolar AS atau Rp2,8 miliar pada 2012 untuk membeli jam-jam mewah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com