Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amaq: Pembunuh Pastor di Perancis adalah “Tentara” ISIS

Kompas.com - 26/07/2016, 19:43 WIB

KAIRO, KOMPAS.com – Amaq, kantor berita yang dekat dengan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) menyebut pembunuh pastor di Perancis adalah ‘tentara’ ISIS.

Dua penyandera bersenjata telah menggorok leher seorang di sebuah gereja di Normandia, Perancis utara, Selasa (26/7/2016), seperti dilaporkan Reuters

Pastor yang dibunuh oleh dua penyerang itu bernama  Jacques Hamel (86), saat korban sedang merayakan misa. Dia dilaporkan dibunuh dengan cara yang keji.

"Mereka (dua tentara ISIS) telah melancarkan operasi dalam menanggapi seruan untuk menarget negara-negara koalisi tentara salib,” kata Amaq dalam berita yang dirilis, Selasa, tak lama setelah insiden pembunuhan itu, seperti dirilis Daily Express.

Pastor Hamel tewas digorok oleh pria bersenjata pisau yang menyerang dan menyandera warga di sebuah gereja di dekat kota Rouen, di wilayah utara Perancis, Selasa (26/7/2016).

Kementerian Dalam Negeri Perancis mengatakan, pastor itu merupakan satu dari beberapa orang yang disandera pria berpisau itu.

Sejumlah laporan menyebut pastor yang tewas itu berusia 92 tahun dan sudah bertugas di wilayah itu selama puluhan tahun.

"Keluarga saya sudah tinggal di daerah ini selama 35 tahun dan kami semua mengenal pastor itu," kata Eulalie Garcia, warga setempat.

Kepolisian mengatakan, petugas di lapangan terpaksa menembak kedua orang itu saat mereka keluar dari gereja sambil berteriak Allah Mahabesar dalam bahasa Arab.

Sementara itu, Presiden Francois Hollande dan Mendagri Bernard Cazeneuve dijadwalkan mengunjungi lokasi serangan tersebut.

Iinsiden itu ditangani gugus tugas anti-teror SDT dan dinas intelijen Direktorat Jenderal Keamanan Dalam Negeri (DGSI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com