Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Turki Tangkap Tangan Kanan Fethullah Gulen

Kompas.com - 24/07/2016, 10:56 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Aparat keamanan Turki telah menangkap salah satu orang dekat Fethullah Gulen, di provinsi Trabzon, wilayah timur laut Turki, Sabtu (23/7/2016).

Davut Hanci, digambarkan sebagai tangan kanan  Gulen, diketahui memasuki Turki dua hari sebelum kudeta pecah. Demikian keterangan kantor presiden Turki.

Media Turki menyebut Hanci adalah orang kepercayaan Gulen yang biasa bertugas mengirimkan dana kepada ulama yang kini bermukim di AS itu.

Sementara itu, di tempat terpisah, aparat keamanan juga menangkap putra menantu Akin Ozturk, mantan panglima angkatan udara yang ditangkap karena dianggap salah satu dalang kudeta.

Menantu Ozturk itu, Letnan Kolonel Hakan Karakus ditahan di Ankara. Sebelumnya, polisi juga sudah menangkap keponakan Fethullah Gulen.

Di selatan Istanbul, tepatnya di wilayah Yalova, polisi menangkap Kerime Kurmas, seorang pilot perempuan Angkatan Udara Turki.

Seperti yang lainnya, Kurmas juga dituduh  menerbangkan jet F-16 di ats kota Istanbul di malam terjadinya kudeta bersama dua pilot lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com