Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-tragedi Munich, Obama Tegaskan Dukungan AS untuk Jerman

Kompas.com - 23/07/2016, 09:19 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Sabtu (23/7/2016) pagi waktu Indonesia, menegaskan dukungan pemerintahannya kepada Jerman pasca-serangan maut di Muenchen yang menewaskan sembilan orang.

Obama, yang berbicara dalam sebuah pertemuan dengan para penegak hukum, mengatakan, dia sudah mendapatkan informasi soal tragedi di Jerman tersebut.

"Hati dan pikiran kami bersama para korban. Situasinya masih terus berubah dan Jerman adalah salah satu sekutu terdekat AS, jadi kami menjanjikan dukungan penuh bagi mereka dalam mengatasi masalah ini," ujar Obama.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Elizabeth Trudeau mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan otorita Jerman untuk memastikan keselamatan warga AS dalam insiden tersebut.

Kemenlu juga meminta agar warga AS yang tinggal di Jerman diminta segera menghubungi keluarga masing-masing agar keberadaan dan kondisi mereka diketahui.

"Demi keamanan Anda, hindari lapangan dan jalanan ramai, tersangka kemungkinan masih belum tertangkap," demikian pernyataan Kedubes AS di Jerman.

"Tetap berada di satu tempat aman, hubungi keluarga Anda agar mereka tahu Anda selamat dan ikuti petunjuk kepolisian dan aparat keamanan lainnya," tambah Kedubes AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com