Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary Clinton Pilih Tim Kaine sebagai Cawapres

Kompas.com - 23/07/2016, 08:59 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Hillary Clinton memilih Tim Kaine, senator asal negara bagian Virginia untuk menjadi calon wakil presiden guna melaju ke Gedung Putih melawan Donald Trump.

"Saya berdebar untuk mengumumkan pasangan saya, @timkaine, seorang pria yang mencurahkan hidupnya untuk berjuang bagi orang lain," tulis Hillary dalam tweet-nya sebagaimana dikutip dari AFP, Sabtu (23/7/2016).

Senator berusia 58 tahun itu lantas menyahut, "Hanya beberapa saat berkomunikasi dengan Hillary. Saya merasa terhormat untuk menjadi pasangannya dalam pemilihan presiden. Tak sabar menunggu untuk meninggalkan jejak di Miami, besok."

Kaine, yang cukup berpengalaman dalam kebijakan luar negeri dan tergabung dalam komite hubungan  luar negeri dan militer dinilai mampu membantu Hillary Clinton untuk meraup dua kunci kemenangan, yakni Hispanics serta suara dari negara bagian Virginia.

Tim Kaine juga dianggap mampu untuk memenangkan suara dari pemilih laki-laki yang masih ragu menentukan suaranya.

Secara umum, Tim Kaine dianggap tepat bagi Clinton dalam pemilihan presiden yang sangat ketat ini.

Pemeluk Katholik taat ini sebelumnya telah memiliki rekam jejaknya yang panjang dalam berbagai kegiatan sosial, seperti misi membantu misi gereja di Honduras, melakukan aksi melawan diskriminasi, menolak kekerasan bersenjata, anti-aborsi, hingga membantu para tunawisma.

Selain itu, dia juga membantu menciptakan iklim bisnis yang positif di Virginia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com