Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muslim AS Melawan Islamofobia dengan Humor

Kompas.com - 22/07/2016, 20:05 WIB

CLEVELAND, KOMPAS.com — Dewan Hubungan Islam Amerika Serikat (CAIR), yang biasanya serius, mencoba pendekatan humor untuk mengambil hati pendukung Partai Republik.

Langkah itu dilakukan menjelang konvensi nasional Partai Republik yang berlangsung pekan ini di Cleveland, Ohio, seperti dilaporkan Voice of America, Sabtu (22/7/2016).

Para anggota CAIR membagikan paket-paket obat mainan yang dinamakan "Islamophobin," untuk mengobati Islamofobia.

Islamophobin, yang sebetulnya hanyalah permen karet biasa, menjanjikan kesembuhan untuk "intoleransi buta, kefanatikan tanpa dasar, ketakutan yang tidak rasional terhadap Muslim, (dan) pencarian kambing hitam dalam tahun pemilihan Presiden AS."

Pada hari pertama konvensi Partai Republik, Senin (18/7), untuk menominasikan Donald Trump untuk pilres pada 8 November nanti, para pemimpin CAIR mendesak partai itu untuk tidak membuat para pemilih Muslim menjauh.

Trump telah mengusulkan larangan sementara bagi Muslim memasuki AS. Ia menolak masuknya pengungsi dari perang Suriah, dengan mengatakan bahwa para militan mungkin ada di antara mereka.

Trump juga telah membuat klaim-klaim, yang tidak terbukti, bahwa ribuan Muslim di New Jersey secara terbuka bersorak-sorai saat serangan 11 September 2001 terjadi.

Dalam wawancara yang disiarkan di CNN, Senin, istri Trump, Melania, mengatakan bahwa suaminya: "Bukanlah seorang yang rasialis, ia tidak anti-imigran".

Melani juga menambahkan,  Trump "ingin membuat AS aman."

Direktur Eksekutif CAIR Nihad Awad mendesak Partai Republik untuk merangkul para pemilih Muslim, dengan mengatakan mereka bisa menjadi faktor penting di negara-negara bagian dengan massa mengambang (swing states) yang menentukan dalam pilpres.

"Terlalu sering dalam kampanye kali ini, kandidat-kandidat calon presiden Republik mengikuti keinginan para pemimpin Islamofobia dan para pendukungnya, dengan usul-usul seperti patroli di daerah-daerah Muslim, pengawasan dan penutupan masjid, dan mempertanyakan secara terbuka apakah Muslim bisa menjadi presiden," ujar Awad.

Sebagai resep pengobatan, Awad menawarkan Islamophobin, konsep yang dipinjamnya dari komunitas Muslim di Swedia yang menciptakan produk serupa.

CAIR menjual paket berisi 12 'obat' tanpa gula seharga 1,99 dollar AS di amazon.com.

Paket itu bertuliskan: "Makan dua dan berbicara dengan seorang Muslim setiap pagi."

Namun ada peringatan dalam paket tersebut. "Mereka yang sudah meyakini keberagaman agama, toleransi dan saling pengertian tidak perlu mengkonsumsi produk ini," menurut tulisan di paket itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com