Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat AU India Angkut 29 Orang ke Port Blair Hilang

Kompas.com - 22/07/2016, 17:32 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com -  India, Jumat (22/7/2016), melancarkan operasi pencarian sebuah pesawat angkatan udara negara itu, dengan 29 orang di dalamnya, yang hilang.

Pesawat pengintai, kapal angkatan laut, dan kapal penjaga pantai dikerahkan ke Teluk Benggala setelah pesawat hilang tak lama setelah lepas landas dari Chennai, kota di India selatan, Jumat.

Pesawai itu hilang dalam penerbangan menuju Port Blair, ibu kota Kepulauan Andaman dan Nicobar, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

“Upaya pencarian dan penyelamatan penuh diluncurkan untuk mencari pesawat IAF (Angkatan Udara India) AN-32 setelah terlambat tiba di Port Blair sejak pukul 11.30 waktu setempat,” kata Kementerian Pertahanan India.

Kontak terakhir dengan pesawat angkut militer Antonov AN-32 buatan Rusia yang membawa petugas teknis dan enam kru itu terjadi 15 menit setelah lepas landas dari Chenai.

“Operasi pencarian sedang berlangsung. Pesawat mengudara pukul 08.30 dan diharapkan akan mendarat di Port Blair pukul 11.30 waktu setempat,” kata seorang pejabat, Anupam Banerjee.

Kantor Press Truss of India melaporkan pesawat AN-32 dapat itu dapat terbang selama empat jam tanpa harus isi ulang bahan bakar.

Angkatan Udara India, yang sangat bergantung pada peralatan buatan Rusia dan memiliki 100 pesawat AN-32, memiliki catatan keselamatan yang buruk.

Kecelakaan terburu yang melibatkan pesawat AN-32 di India terjadi pada tahun 1999 di Bandara New Delhi. Saat itu, 20 orang di dalam pesawat tewas dan tiga mati terbakar.

Pada tahun 2013,  semua 20 orang di dalam sebuah helikopter militer juga jatuh di India utara.

AU India telah seara teratur mengalami kecelakaan karena kondisi pesawatnya yang sudah tua, dan beberapa di antaranya pesawat dari tahun 1960-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com