Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Menhan dan Menlu Bertemu di AS Bahas Upaya Perangi ISIS

Kompas.com - 20/07/2016, 16:58 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri dari puluhan negara berkumpul di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (20/7/2016), untuk membahas berbagai upaya menerangi kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Kantor berita Associated Press (AP), Rabu ini, melaporkan, para menteri itu berasal dari lebih dari 30 negara.

Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter akan bertemu dengan para menteri asing itu untuk membahas kampanye dan membangun momentum dalam memerangi ISIS, khususnya di Irak.

Pertemuan para menteri itu terjadi setelah pasukan keamanan Irak, yang didukung koalisi AS, sedang bersiap mengepung dan berjuang merebut kembali Mosul, kota utama di Irak utara.

Pertemuan para menteri pertahanan dan menteri luar negeri itu digelar di Joint Base Andrews, tak jauh dari pinggiran Washington DC.

Menurut AP, pertemuan itu merupakan yang keempat. Sekretaris pers Pentagon, Peter Cook, mengatakan Carter akan berbicara tentang kampanye militer dan bagaimana hal itu bisa dipercepat.

Kamis (21/7/2016) besok, untuk pertama kalinya, Menlu AS  John Kerry akan memimpin pertemuan gabungan menteri pertahanan dan menteri luar negeri dalam rangka memerangi ISIS.

Mereka berharap melakukan koordinasi politik dan upaya militer, termasuk pendanaan kontra-teroris, mencegah aliran pejuang asing, dan mestabilisasi kota yang telah bebas dari kontrol ISIS.

“Kami berhasil di lapangan di Irak dan Suriah, tetapi kami memiliki terlalu banyak pekerjaan,” kata

Brett McGurk, untusan khusus Presiden AS dalam koalisi AS memerangi ISIS.

"Ini sebuah tantangan terberat yang akan kami hadapi untuk selama tahun-tahun mendatang,” kata McGurk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com