Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditembak Pemilik Rumah yang Hendak Dibobolnya, Pencuri Ajukan Gugatan

Kompas.com - 20/07/2016, 05:59 WIB

INDIANAPOLIS, KOMPAS.com - Seorang terpidana dalam kasus pencurian menggugat pemilik rumah yang menembaknya saat dia mencoba membobol rumah tersebut.

Saat si pencuri beraksi, alarm yang dipasang pemilik rumah di garasi berbunyi. Alhasil, pemilik rumah memergoki percobaan pencurian itu dan melihat sang pencuri berusaha melarikan diri.

Pemilik rumah lalu menembak David Bailey, nama pencuri itu, yang kemudian ditangkap polisi dan saat menjalani sidang dia mengakui semua perbuatannya.

Dua tahun setelah insiden itu, Bailey mengajukan gugatan di pengadilan Indiana, AS terhadap David McLaughlin, si pemilik rumah.

"Klien saya berpikir gugatan itu terlalu berlebihan dan saya menyetujui pemikiran tersebut," kata kuasa hukum McLaughlin, Brian Pierce.

"Anda tentu tak berharap seseorang yang hendak mencuri di rumah Anda kemudian menuntut dan meminta ganti rugi," lanjut Pierce.

"Saya kira gugatan itu sangat absurd. Di Indiana, pemilik rumah memiliki hak mempertahankan properti mereka dan itu termasuk menggunakan senjata api," lanjut dia.

Berdasarkan surat gugatan disebut bahwa penggugat (Bailey)berlari di sepanjang jalan menjauh dari kediaman tergugat (McLaughlin).

Namun, tergugat meneruskan pengejaran dan menembak ke arah jalanan yang gelap.

Dokumen pengadilan menyebut, Bailey ditembak tiga kali dan peluru ketiga mengenai bagian belakang lengannya, mengoyak otot arteri dan mengakibatkan kerusakan permanen.

Bailey juga mengklaim dia tak pernah benar-benar memasuki kediaman McLaughlin dan akibat luka yang dideritanya dia menuntut kompensasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com