Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Hening Semenit untuk Korban Teror di Nice, Manuel Valls Dicemooh

Kompas.com - 18/07/2016, 20:52 WIB

NICE, KOMPAS.com - Perdana Menteri Perancis Manuel Valls dicemooh di Nice, bagian selatan negara itu, Senin (18/7/2016), sebelum dan setelah hening satu menit bagi korban teror truk pada perayaan Bastille Day, Selasa (12/7/2016).

Orang-orang berteriak "Pembunuh!" dan "Mundur!" terdengar ketika Valls dan dua menteri meninggalkan pantai, tempat warga berkumpul untuk mengenang 84 orang tewas akibat serangan teror truk oleh Mohamed Lahouaiej-Bouhlel.

Massa marah sejak Bouhlel, pria imigran Tunisia, menabrakkan truk 19 ton ke kerumunan warga yang sedang menyaksikan pesta kembang api pada saat Bastille Day, hari nasional Perancis, di Nice.

Partai-partai oposisi menuduh pemerintahan Sosialis Perancis tidak banyak melakukan upaya untuk mencegah serangan besar ketiga di Perancis dalam 18 bulan itu.

Pemerintah telah berusaha untuk menangkis kritik, mengatakan, Bouhlel tidak punya kaitan dengan jaringan teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Aparat keamanan Perancis mengatakan, Bouhlel mengalami radikalisasi dalam wakut sangat singkat dan hal itu sungguh mengejutkan.

Acara hening selama satu menit diadakan di seluruh negeri. Pada saat yang sama seluruh lonceng gereja di negeri itu berdentang.

Serangan teror di Nice adalah yang ketiga dalam waktu 18 bulan. Serangan pertama terjadi di kantor redaksi majalah satir, Charlie Hebdo, di Paris, Januari 2015, yang menewaskan 17 orang.

Dalam serangan kedua, 13 November 2015, di Paris, setidaknya 130 orang tewas.

Mantan Presiden dan pemimpin oposisi utama, Nicolas Sarkozy, mengatakan seharusnya serangan teror tidak berulang.

Telah dilaporkan sebelumnya, akibat serangan truk maut dari tangan pria Tunisia berusia 31 tahun itu, 84 orang tewas, termasuk 10 anak-anak. Selain itu, 202 orang terluka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com