Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telepon Erdogan, Putin Harap Kestabilan Politik Segera Tercipta di Turki

Kompas.com - 17/07/2016, 18:37 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan telah menelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah terjadi upaya kudeta yang berhasil digagalkan di Turki.

Putin berharap Erdogan bisa mengembalikan kestabilan politik Turki pasca-upaya kudeta. Tidak hanya itu, Putin pun berharap Turki bisa menjamin keselamatan warga negara Rusia yang berada di Turki.

Dilansir dari laman AFP, Minggu (17/7/2016), Putin menilai bahwa upaya kudeta tidak dapat dibenarkan karena melanggar konstitusi, apalagi disertai dengan kekerasan.

"(Rusia) berharap segera tercipta stabilitas dan pulihnya restorasi konstitusi di Turki," demikian pernyataan yang dikeluarkan pihak Kremlin.

Selain itu, Putin juga menyatakan duka cita atas jatuhnya korban tewas dalam upaya kudeta.

Setidaknya 265 orang tewas dalam upaya kudeta yang digagalkan dalam semalam itu, termasuk 104 pendukung kudeta. Adapun 1.440 orang terluka akibat aksi militer di Istanbul dan ibu kota Turki, Ankara.

Kedua pemimpin itu juga menyatakan akan segera melakukan pertemuan empat mata. "Dalam waktu dekat," ungkap Kremlin.

Hubungan Rusia dengan Turki sempat panas setelah Turki secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat tempur Rusia di dekat perbatasan Suriah, beberapa waktu lalu.

Namun, Erdogan telah meminta maaf atas peristiwa itu. Erdogan pun menelepon Putin pada akhir Juni untuk membahas rencana pertemuan.

Menteri Luar Negeri Turki Turki Mevlut Cavusoglu pada 1 Juli lalu menyatakan bahwa Erdogan akan terbang ke Sochi, Rusia, untuk bertemu Putin, pada Agustus mendatang. 

Kompas TV Presiden Turki Minta AS Serahkan Gulen
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com