Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Bakal Tempatkan Sistem Pertahanan Udara Tercanggih di Crimea

Kompas.com - 15/07/2016, 20:16 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia akan menempatkan sistem pertahanan udara S-400 paling canggih di wilayah yang dianeksasinya di Semenanjung Crimea, Ukraina timur.

Seorang pejabat militer Rusia mengungkapkan hal itu di Moskwa,  Jumat (15/7/2016). Dia mengatakan, penempatan sistem pertahanan udara itu akan dilakukan pada Agustus mendatang.

Kantor berita Agence France-Presse mengatakan, Russia saat ini mengoperasikan sistem S-300 yang sudah tua di Semenanjung Crimea, yang dianeksasi dari Ukraine, Maret 2014.

Akibat aneksasi atas Crimea itu, Rusia dikecam dan terkena sanksi ekonomi dari Amerika Serikat dan Uni Eropa.

"Pada Agustus 2016, sistem (S-400) diharapkan sudah dapat ditempatkan di Feodosia, yang menjadi pangkalan tetapnya,” kata Yevgeny Oleinikov, seperti dilaporkan  kantor berita RIA Novosti.

Oleinikov adalag Wakil Komandan Resimen Rudal Permukaan ke Udara ke-18 Militer Rusia.  Feodosia adalah kota di Semenanjung Crime, Ukraina timur.

Sistem S-400  merupakan sistem pertahanan anti-pesawat dan rudal Rusia yang paling maju dan  modern.

Sistem pertahanan jenis ini sedang digunakan di Suriah, di mana koalisi yang dipimpin Rusia sedang melakukan kampanye serangan udara untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Sistem ini dapat melacak sekitar 300 target dan menembak jatuh sekitar tiga lusin secara bersamaan selama rentang atau daya jangkau beberapa ratus kilometer.

Sejak aneksasi Crimea ini Rusia telah meningkatkan kehadiran militernya di semenanjung, yang merupakan pangkalan bagi armadanya di Laut Hitam.

Langkah itu diambil ketika NATO menggelar latihan militer skala besar di Eropa Timur, sebuah latihan terbesar sejak akhir Perang Dingin dalam menghadapi kebangkitan Rusia.

Amerika Serikat telah membuat marah Moskwa dengan memasang rudal pertahanan udara di dekat dekat perbatasan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com