Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teroris ISIS Bunuh 30 Orang di Perkampungan Syiah di Utara Baghdad

Kompas.com - 08/07/2016, 08:24 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) membunuh sedikitnya 30 orang di perkampungan warga Syiah di sebelah utara Baghdad.

Kelompok teroris tersebut menghujani serangan di kawasan itu dengan sejumlah bom bunuh diri, tembakan senapan dan serangan mortir.

Demikian penjelasan dari jurubicara otoritas keamanan Irak, Jumat (8/7/2016), seperti dikutip dari Kantor Berita AFP.

Berdasarkan keterangan tertulis dari jurubicara komandan operasi bersama di Irak, serangan hinggadinihari tersebut pun melukai 50 orang lainnya. 

Tempat ibadah the Sayyid Mohammed yang ada di kawasan itu, menjadi target pertama yang dihujani serangan mortir, setelah sebelumnya sejumlah pelaku bom bunuh diri tiba di sana,

Para teroris itu mulau melepaskan tembakan kepada warga yang terlihat di wilayah itu. 

Dua di antara para pelaku bom bunuh diri kemudian meledakkan dirinya sendiri di kawasan pasar, di dekat tempat ibadah Syiah.

Sementara, pelaku ketiga terbunuh dan sabuk bahan bom yang digunakannya berhasil dijinakkan.

Namun, dalam pernyataan tertulis ini tak diungkapkan dengan jelas, otoritas mana yang melakukan penanganan, termasuk siapa yang berhasil membunuh satu teroris tersebut.

Serangan ini terjadi di wilayah bernama Balad, yang lokasinya berada 70 kilometer di sebelah utara Baghdad.

Peristiwa ini terjadi hanya lima hari setelah sebelumnya seorang pelaku bom bunuh diri dan serangan bom mobil menewaskan tak kurang dari 292 di Baghdad.

Serangan tersbeut menjadi salah satu serangan paling mematikan yang terjadi di Irak sejak tahun 2003, saat Amerika Serikat memimpin invasi ke negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com