Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pensiunan Petinju Melawan Beruang Hitam dengan Tangan Kosong

Kompas.com - 06/07/2016, 21:52 WIB

ONTARIO, KOMPAS.com - Seorang mantan petinju berusia 61 tahun lolos dari serangan seekor beruang hitam besar hanya setelah melawan hewan buas itu denga tangan kosong mengandalkan pengalamannya sebagai petinju kelas bulu.

Rick Nelson sedang berjalan bersama anjingnya di pinggiran kota Sudbury, Ontario, Kanada, Minggu (3/7/2016) saat seekor anak beruang muncul dari semak-semak beberapa meter dari dirinya.

Melihat anak beruang itu, anjing peliharaan Rick menyalak dan pria yang juga pernah menjadi pemburu beruang itu tahu dia hanya memiliki beberapa detik sebelum induk bayi beruang itu datang.

"Saya tahu, saya dalam masalah. Anak beruang itu memanggil induknya," kata Rick kepada Canadian Broadcasting Corporation (CBC).

Tak lama kemudian Rick mendengar suara di sesemakan dan dia melihat induk beruang hitam itu berlari dengan kecepatan tinggi menuju ke arahnya.

"Dia datang dan sangat marah," kata Rick sambil mengenang beruang itu berdiri di atas kaki belakangnya sambil menatap dia.

Rick melihat ke sekelilingnya dan tidak melihat benda apapun yang bisa digunakan untuk melawan si beruang. Namun, Rick memiliki hal lain, yaitu pengalamannya bertarung di atas ring tinju.

Saat beruang itu melayangkan pukulannya, Nelson merespon dengan jab kanan yang mengenai bibir beruang itu.

Hewan buas itu kemudian balik menyerang dan cakarnya hanya berjarak beberapa sentimeter dari wajah dan dada Rick. Pria itu kemudian mempersiapkan diri menghadapi serangan beruang selanjutnya.

"Saya tahu dia akan mengayunkan tangan kirinya terlebih dulu tetapi serangan sebenarnya ada di tangan kanannya, sebab kebanyakan beruang tidak kidal," tambah Rick.

Kali ini pukulan uppercut yang dilayangkan Rick telak mengenai moncong beruang itu.

"Percaya kepada saya, saat adrenalin memuncak, Anda bisa memukul. Bahkan di usia 61 tahun, saya masih bisa memukul dengan keras," ujar dia.

Tak lama kemudian, anak beruang itu bersuara dan mulai meninggalkan tempat tersebut. Kini Rick hanya bisa berharap, induk beruang akan mengikuti anaknya dan meninggalkan dia.

"Itulah saat di mana saya benar-benar takut. Saya tak punya kesempatan, saya tak akan bertahan lagi. Beruang itu berbobot 145 kilogram dan saat dia berdiri maka dia lebih tinggi dari saya," kenang Rick.

Ternyata, beruang itu tak meneruskan serangannya dan pergi mengikuti anaknya meninggalkan Rick yang sudah pasrah.

"Saya melihat dia berbalik dan pergi seolah tak ada sesuatu yang terjadi. Saya merasa sangat beruntung," kata Rick.

Rick diwawancarai CBC sehari setelah pengalaman mengerikannya itu. Dia menambahkan, selain pengalaman buruknya, sebenarnya manusia tak perlu takut kepada beruang hitam.

"Beruang hitam tak berbahaya kecuali dia memiliki anak. Mungkin sebenarnya dia lebih takut kepada kita ketimbang kita takut kepada mereka," ujar Rick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com