Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Terima Pengunduran Diri Uskup Paraiba yang Diduga Terlibat Skandal Seks

Kompas.com - 06/07/2016, 19:10 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, Rabu (6/7/2016), menerima pengunduran diri Uskup Aldo Di Cillo Pagoto menyusul penyelidikan yang digelar Vatikan terkait keterlibatannya dalam sebuah skandal seks.

Pagotto (66), uskup Paraiba, Brasil, dituduh menerima para pastor dan mahasiswa seminari di keuskupannya setelah mereka diusir oleh uskup lain karena kasus paedofilia.

Pagotto juga dituduh menolak membahas isu pelecehan seksual terhadap anak-anak yang telah mencemari Gereja Katolik selama beberapa dekade.

Selain itu, Pagotto juga dilaporkan terlilbat hubungan homoseksual dengan seorang remaja berusia 18 tahun.

Namun, Vatikan tidak menjelaskan alasan permohonan pengunduran diri Pagotto, tetapi Paus Fransiskus pernah mengatakan bahwa para uskup yang mengabaikan kasus pelecehan seks terhadap anak-anak kini bisa diberhentikan.

Tahun lalu, nama Pagotto terkenal di Italia di tengah perdebatan di Vatikan terkait pendekatan gereja terhadap keluarga-keluarga Katolik.

Bersama dua rohaniwan lainnya, Pagotto menerbitkan pamflet tentang berbagai isu panas mulai dari perceraian hingga homoseksualitas.

Dia menggambarkan hubungan sesama jenis adalah "dosa besar" dan menyarankan para gay untuk segera membersihkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com