Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Polusi Suara, Puluhan Gereja dan Masjid di Lagos Ditutup

Kompas.com - 01/07/2016, 15:48 WIB

LAGOS, KOMPAS.com - Pemerintah kota komersial Nigeria, Lagor memutuskan untuk menutup puluhan gereja, masjid dan hotel untuk mengurangi polusi suara di kota itu. Demikian dijelaskan pejabat setempat, Kamis (30/6/2016).

Kota berpenduduk 20 juta jiwa itu dikenal akan kemacetan lalu lintasnya yang parah dan keriuhan yang dihasilkan dari pengeras suara puluhan masjid dan gereja yang berlomba menyampaikan pesan-pesan mereka.

"Sebanyak 70 gereja, 20 masjid, 11 hotel, bar dan kelab ditutup di seluruh Lagos," kata seorang pejabat di Badan Perlindungan Lingkungan Negara Bagian Lagos (LASEPA).

Pejabat perempuan itu mengatakan, Direktur LASEPA Rasheed Adebola Shabi memerintahkan penutupan setelah puluhan masjid dan gereja menolak imbauan pemerintah untuk mengurangi kebisingan.

"Gereja dan masjid yang ditutup diminta untuk melepas pengeras suara yang diarahkan ke luar bangunan sehingga aktivitas mereka tidak mengganggu warga sekitar tetapi mereka menolak," tambah pejabat itu.

Pejabat tersebut menambahkan, dalam waktu lima tahun ke depan pemerintah Lagos menginginkan tak ada lagi kebisingan yang dihasilkan gereja, masjid atau hotel.

"Kami ingin memastikan pada 2020 Lagos akan bebas dari kebisingan. Dengan status kami sebagai megacity, maka pada 2020 kami akan bebas dari kebisingan," tambah dia.

Dia melanjutkan, pemerintah juga tak akan mengizinkan bangunan-bangunan darurat digunakan sebagai tempat ibadah di kota Lagos.

Sebelumnya, pemerintah sudah melarang para pengguna kendaraan bermotor di Lagos membunyikan klakson terlalu sering untuk mengurangi polusi udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com