Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2016, 10:00 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Berjarak lebih dari 3.000 kilometer dari wilayah udara Meksiko, Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump masih sempat menyerang negara tetangganya itu.

Kamis (30/6/2016), konglomerat ini melontarkan sindiran bersamaan dengan keberadaan sebuah jet tempur yang melintas di atas arena kampanyenya.

Trump yang juga akan menjadi komandan tertinggi angkatan perang AS jika terpilih menjadi Presiden, menyindir Meksiko saat menyampaikan sambutan di hadapan massa kampanye di timur laut Manchester, New Hampshire.

Kebaradaan jet tempur tersebut menyela kalimat Trump yang kebetulan sedang menuturkan tentang buruknya kesepakatan kerjasama ketenagakerjaan di bidang manufaktur AS-Meksiko dan sejumlah negara lain.

Dalam kesempatan itu, seperti diberitakan AFP, Trump menyebut pimpinan Meksiko jauh lebih pintar dari pimpinan AS.

"Faktanya, mungkin saja itu adalah jet tempur Meksiko, yang sudah siap menyerang kita," kata Trump sambil menunjuk sebuah jet yang melintas di acara luar ruang tersebut. 

Trump melaju sebagai calon presiden dengan janji mengatasi masalah imigran di AS. Dia melecehkan para imigran dengan sebutan pemerkosa, kaum kriminal, dan pedagang narkoba.

Setelah menjadi presumptive presidential candidate, Trump kini melangkah maju untuk bersaing mengalahkan calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

Sebelumnya, Pemerintah Meksiko telah bereaksi keras terhadap rencana Trump membangun tembok pembatas antara kedua negara, demi menghentikan laju imigran ilegal ke AS.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto lalu menyamakan Trump dengan diktator Eropa Adolf Hitler dan pun Benito Mussolini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com