Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Kelahiran Spesies Langka Harimau Sumatera di London Disebar di Youtube

Kompas.com - 01/07/2016, 09:00 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sepasang Harimau Sumatera yang tergolong dalam spesies langka, dilahirkan di Kebun Binatang, London, Senin lalu.

Pada Kamis (30/6/2016), pihak pengelola kebun binatang tersebut membagikan video berisi rekaman proses kelahiran harimau dari betina bernama Melati tersebut. Video ini diunggak ke laman Youtube. 

Seperti diberitakan UPI.com, rekaman kelahiran itu diberik tajuk "two of the world's rarest tigers".

"Ini merupakan kabar yang luar biasa untuk keberadaan Harimau Sumatera, sebuah spesies yang selama ini menjadi perhatian program konservasi ZSL di Indonesia," ungkap Andjar Rafiastanto, selaku Country Manager Kebun Binatang ZSL London Zoo untuk Indonesia.

Bayi harimau pertama dilahirkan oleh harimau berusia tujuh tahun itu pada pukul 9.19 waktu London. Kemudian pada pukul 10.02 lahir bayi harimau kedua.

Kelahiran ini terjadi setelah masa kehamilan selama 108 hari.

"Kami sangat berbahagia dengan kelahiran ini, dan bagaimana melihat Melati merespons kedua anaknya," kata Assistant Curator of Mammals, Teague Stubbington.

Sejauh ini, staf di kebun binatang London terus memantau kehidupan hewan langka ini. Mereka memasang sistem kamera nirkabel bernama "cubcam."

Dengan "cubcam", petugas dapat memnatau perkembangan kedua bayi harimau itu selama 24 jam, tanpa harus mengganggu kehidupan induk dan pejantannya.

"Hal ini sekaligus mendukung upaya agar induk harimau tersebut dapat segera kembali hamil," kata Stubbington.

"Salah satu dari kamu selalu bertugas untuk mengamati perkembangan kedua harimau kecil itu sepanjang malam. Harimau jantan, bapak dari kedua hewan ini, Jae Jae ternyata juga melakukan hal yang sama," kata dia lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com