Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Tangkap 13 Orang Terkait Bom Bandara Istanbul

Kompas.com - 30/06/2016, 17:23 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Aparat keamanan Turki, Kamis (30/6/2016), menangkap 13 tersangka anggota ISIS terkait bom bunuh diri di bandara Ataturk, Istabul.

Sebelumnya, aparat Turki melakukan penggerebekan di 16 lokasi di seluruh Istanbul. Seorang pejabat mengatakan, dari seluruh tersangka, tiga di antaranya adalah warga asing.

"Kemungkian salah seorang pelaku serangan adalah warga asing," ujar pejabat yang tak mau disebutkan namanya itu.

Sementara itu, detil serangan di bandara paling sibuk di Turki itu mulai bermunculan. Salah satunya adalah ketika para penyerang turun dari taksi dan menembaki calon penumpang sebelum meledakkan diri.

"Para teroris gagal melewati sistem keamanan reguler dan pengawasan polisi," kata PM Turki Binali Yildirim pada Rabu malam.

"Mereka kembali dengan senapan laras panjang yang mereka bawa dalam tas dan melewati petugas keamanan sambil menembak secara acak," tambah Yildirim.

Salah satu dari penyerang meledakkan diri di luar bandara. Sementara, dua penyerang lain memanfaatkan kepanikan masuk ke dalam bandara lalu meledakkan diri.

Sejauh ini pemerintah Turki menyebutkan 41 orang tewas dan lebih dari 200 orang terluka dalam tragedi itu. Dari seluruh korban tewas 13 orang adalah warga asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com