Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kaca Terpanjang Ini Diuji Pakai Palu dan Mobil Seberat 2 Ton

Kompas.com - 30/06/2016, 15:36 WIB

BEIJING, KOMPAS.com – China menjadi negara pertama yang berhasil membangun sebuah jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia.

Untuk mengetes kekuatan dan daya tahannya, puluhan orang dikerahkan ke jembatan, Senin (27/6/2016), seperti dilaporkan oleh situs berita Shanghaiist.

Masing-masing mereka kemudian memegang palu seberat 5,5 palu kg dan mereka pun dengan sekuat tenaga memukul kaca jembatan setebal 15 milimeter itu.

Kaca yang dipukul pun tidak pecah, kecuali terlihat retak-retak kecil, namun tidak luruh.

Segera setelah itu, untuk mengetes sekali lagi daya tahan kaca jembatan itu, satu unit mobil seberat 2 ton pun melintasi dengan tanpa insiden.

Reuters Jembatan kaca sepanjang 500 meter ini menghubungkan dua tepi Ngarai Besar Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China. Jarak antartepi ngarai 450 meter dengan dalam jurang 300 meter.

Jembatan “modern yang ajaib” itu menghubungkan tepi Ngarai Besar Zhangjiajie, Provinsi Hunan. Jarak antartepi jurang ialah 450 meter dengan dalam jurang 300 meter.

Uji terbaru itu dilakukan beberapa minggu setelah seorang wartawan BBC diundang untuk menghancurkan kaca jembatan dengan palu.

Laporan yang muncul kemudian membuat publik ragu akan kekuatan jembatan. Itu sebabnya, otoritas terkait kembali mengundang wartawan untuk menyaksikan uji terbaru tersebut.

Dari hasil pengetesan terbaru tersebut, jembatan segera dapat dibuka untuk umum. Baik itu untuk lalu lintas orang maupun kendaraan, termasuk kendaraan roda empat.

Reuters Jembatan kaca yang terletak di Ngarai Besar Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China ini dapat menampung 800 orang secara serempak.

"Bahkan jika retak kaca, itu tidak akan pecah menjadi potongan-potongan kecil. Pejalan kaki masih bisa berjalan di atasnya," kata seorang pejabat.

Menurut pelaksana proyek jembatan dan aparat pemerintah setempat, jembatan itu dibangun dengan sempurna dan total. 

Jembatan itu bahkan bisa menahan setidaknya 800 orang pada saat yang bersamaan.

Associated Press Jembatan kaca di Ngarai BesAR Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China, ini dilaporkan sangat kuat. Untuk mengujinya, sekitar 30 orang dikerahkan untuk memukul dengan masing-masing palu seberat 5,5 kg. Kaca retak-retak tetapi tidak pecah atau luruh.

Dengan uji terbaru terhadap kekuatan dan daya topang jembatan kaca itu, petugas berharap itu  membantu meredahkan kekhawatiran publik  setelah kaca retak dua tahun lalu.

Menurut situs berita Metro.co.uk, jembatan di Hunan ini memecahkan rekor total 10 jembatan lainnya yang terbuat dari kaca.

Jembatan itu juga menjadi satu-satunya jembatan yang menggunakan maknet, air, dan peredam getaran listrik untuk keseimbangannya.

Reuters Mobil seberat besar 2 ton melintasi jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di Ngarai Besar Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China, untuk mengetes daya tahan kaca dari beban kendaraan yang akan melintas di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com