Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Mantan PM Pakistan Beberkan Kisah 3 Tahun Disandera Al Qaeda

Kompas.com - 29/06/2016, 14:43 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Putra mantan Perdana Menteri Pakistan, Ali Haider Gilani, untuk pertama kalinya membeberkan kisahnya saat disendera Al Qaeda selama tiga tahun.

Dalam wawancara dengan BBC, ia mengenang Al Qaeda berkata kepadanya bahwa penculikannya merupakan pembalasan terhadap ayahnya, Yusuf Raza Gilani.

"Ayah saya menjabat sebagai perdana menteri, dan ia menjadi perdana menteri ketika pemimpin mereka, Osama Bin Laden, dibunuh," katanya.

Yusuf Raza Gilani, memimpin Pakistan ketika pasukan khusus Amerika Serikat melancarkan operasi menangkap Osama bin Laden yang bersembunyi di kota Abottabad.

Ali Haider Gilani menambahkan, ia tidak mengalami penyiksaan fisik tetapi para penculik bertekad melumpuhkan kondisi mentalnya.

Sehingga, dia membuat catatan harian untuk membantunya tetap waras.

"Saya dirantai selama dua tahun, dan saya tak diperbolehkan melihat langit selama satu tahun dua bulan," ujar Ali Haider.

"Saya benar-benar lupa bagaimana rasanya sinar matahari mengenai kulit saya. Saya biasanya mengikuti pergerakan waktu. Saya biasanya menuliskan perasaan saya dan apa yang saya lakukan. Jadi mungkin itu yang membuat saya tetap waras," tambah dia.

Ali Haider Gilani diselamatkan pada lalu melalui operasi gabungan pasukan Amerika-Afganistan di Provinsi Paktika, Afganistan.

Ia diculik di kota kelahirannya Multan, Pakistan pada 2013 ketika berkampanye untuk menjadi anggota parlemen tingkat provinsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com