Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut "Super Rasis", Poster Palang Merah Ditarik dari Peredaran

Kompas.com - 28/06/2016, 07:00 WIB

SALIDA, KOMPAS.com - Sebuah poster yang diterbitkan oleh Palang Merah Amerika Serikat, ditarik dari peredaran karena ternyata dirasa menyinggung isu rasial.

Poster yang menggambarkan suasana di kolam renang tersebut, sesungguhnya merupakan bagian dari kampanye keselamatan bagi para pengguna kolam.

Namun, seperti diberitakan laman BBC, Selasa (28/6/2016), poster bertajuk "Be Cool, Follow The Rules" menampilkan detail yang dirasa menyinggung.

Sebab, perbuatan salah yang ditandai dengan tulisan "not cool", selalu dilakukan anak kulit hitam, sementara perbuatan benar atau "cool" dilakukan anak kulit putih.

Adalah John Sawyer, warga Kota Salida, di negara bagian Colorado yang mengunggah gambar itu ke akun Twitter-nya. Gambar poster itu dipotret oleh istri Sawyer dari tempat rekreasi di Salida.

Dia kemudian menulis keterangan di foto itu dengan bunyi, "Hey, Red Cross, send a new pool poster to @SalidaRec because the current one they have with your name on it is super racist."

Mendapat kritik itu, palang merah segera memberikan tanggapan.

Palang merah mengeluarkan penyataan dengan menyampaikan penghargaan kepada pemberi kritik. Mereka pun lalu mengakui bahwa poster keselamatan kolam renang itu tak sensitif, dan berpotensi menimbulkan perdebatan terkait isu rasial.

"Kami menyampaikan permohonan maaf mendalam atas kesalahpahaman ini. Poster itu kami buat sungguh tidak untuk menyerang pihak mana pun," demikian bunyi pernyataan tertulis.

"Sebagai bagian dari bangsa tertua dan bagian dari organisasi kemanusiaan terbesar, kami sangat berkomitmen dengan keberagaman dan melakukannya dalam segala aspek di kegiatan kami."

Setelah pernyataan itu pula, poster tersebut resmi ditarik dari peredaran, termasuk dicabut dari penayangan di situs palang merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com